sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 30 Okt 2019 19:37 WIB

Oppo Reno2 F, smartphone terjangkau untuk youtuber pemula

Untuk menjadi Youtuber zaman sekarang, kiranya tidak perlu susah untuk memikirkan perangkat perekam yang mahal, karena smartphone seperti Oppo Reno2 F, sudah lebih dari cukup untuk membantu merekam video berkualitas.

Makin banyaknya penonton Youtube, merangsang semua orang menjadi kreator konten di platform tersebut. Smartphone pun belakangan menjadi alternatif untuk menciptakan konten video.

Tidak sedikit konten kreator di platform Youtube mengandalkan kamera smartphone untuk merekam gambar mereka. Konten kreator kondang seperti Soleh Solihun dan Pandji Pragiwaksono kerap membuat konten menggunakan smartphone pribadi mereka.

Fenomena ini tidak mengherankan, karena smartphone saat ini sudah berbekal kamera andal. Secara teknis, smartphone masa kini telah memiliki sensor kamera yang besar, juga bukaan diafragma yang besar. Ini sangat membantu untuk menciptakan gambar video yang mumpuni.

Kehadiran multi kamera juga menambah dan mengembangkan serangkaian fitur baru pada kamera smartphone. Dengan begitu kamera smartphone dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Multi kamera memungkinkan pengguna mendapatkan efek bokeh, pembesaran gambar, HDR yang lebih baik, mode potret, sampai improvisasi dalam menghadapi lemahnya cahaya ruangan atau luar ruang yang kerap ditemui pengguna.

Beruntungnya, saat ini kemampuan kamera mutakhir tersebut tidak hanya ada pada smartphone premium semata. Akan tetapi juga pada smartphone kelas menengah yang notabene harganya terjangkau semua kalangan.

Oppo Reno2 F jadi smartphone kelas menengah yang cocok untuk merekam video, guna menghasilkan karya konten Youtube. Apalagi di Oppo Reno2 F, telah menggunakan fitur EIS (Electronic Image Stabilization). Fitur ini memang sangat berguna untuk menstabilkan perekaman gambar video pada Oppo Reno2 F. Jadi gambar videonya tidak mudah bergoyang, apalagi saat merekam video sambil berjalan.

Berkat hadirnya lensa sudut pandang lebar beresolusi 8 MP pada Oppo Reno2 F, smartphone ini juga bisa merekam gambar lebar dengan sudut 119 derajat. Ini menjadi unik, karena tidak semua smartphone mampu menggunakan kamera keduanya untuk merekam gambar. Hasil gambar video yang lebih lebar pun mengkomodir kebutuhan kreator.

Sementara itu, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, karakter kamera utama Reno2 F yang memiliki resolusi 48MP, adalah pada bukaannya yang besar f/1.79. Artinya, ada banyak sumber cahaya yang masuk ke lensa kamera Oppo Reno2 F, yang membantu perekaman menjadi maksimal. Pada kondisi cahaya yang kurang, semisal pada momen-momen dikala merekam sunset dan sunrise.

Bagi konten creator yang kreatif, di Oppo Reno2 F juga menyediakan beberapa fitur perekaman video time-lapse dan slow motion. Kedua fitur ini tidak bisa dipungkiri menambah keseruan dalam membuat konten video.

Fitur video time-lapse ini akan sangat maksimal dalam merekam keramaian, hiruk pikuk lalu-lalang jalan raya, atau menambah efek dramatis pada saat momen terbit dan terbenamnya matahari. Sementara fitur slow motion justru sebaliknya, mampu menambah kesan dramatis dalam merekam momen-momen yang berlangsung dengan cepat, seperti sprinter berlari di lintasan, merekam pertunjukan akrobat dan lain-lain.

Dengan segala kemampuan yang dimilikinya itu, Oppo Reno2 F hadir sebagai smartphone kelas menengah berspesifikasi kelas premium. Pada bagian kap mesinnya, Oppo Reno2 F dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 dengan berbekal RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan inti mesin seperti ini, Oppo Reno2 F bisa dengan gesit menangkap foto atau video persis ketika kita menekan tombol shutter. Kapasitas memori internalnya yang besar, yakni sebesar 128GB juga menjadi alasan kenapa smartphone ini cocok untuk pencipta kreator pemula. Kapasitas baterai yang mumpuni juga jadi pertimbangan lain, karena aktivitas merekam video bisa menguras daya baterai dengan sangat cepat. Baterai 4000 mAh, pada Oppo Reno2 F, bisa dengan mudah diisi menjadi penuh karena dibekali teknologi pengisian daya cepat, VOOC 3.0.

Editor
Share
×
tekid
back to top