sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 07 Jul 2021 10:09 WIB

Nintendo Switch baru bawa layar OLED, tepis rumor terkait peningkatan prosesor

Perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada perubahan besar secara internal pada prosesor dan RAM.

Nintendo Switch baru bawa layar OLED, tepis rumor terkait peningkatan prosesor

Nintendo baru-baru ini mengumumkan model terbaru untuk konsol gim portabelnya, yakni Switch OLED. Model Switch yang baru saja diumumkan ini, sesuai namanya, hadir dengan layar OLED sebesar 7 Inci dengan resolusi 720p. Peningkatan yang ditawarkan pada Switch OLED ketimbang sebelumnya, sebagian besar hanya terjadi di sisi layar saja. 

Nintendo juga mencantumkan informasi jika model Switch OLED hanya mendukung tampilan resolusi 1080p melalui mode TV. Informasi ini jelas menepis rumor yang santer beredar apabila model terbaru dari Switch akan mendukung tampilan dengan resolusi 4K. Sementara itu, perusahaan mengumumkan Switch OLED akan mulai dijual dengan harga USD350 (sekitar Rp5 juta) pada 8 Oktober mendatang.

Selain diusung dengan menggunakan layar baru, Switch OLED membawa beberapa perubahan, seperti dudukan konsol yang dapat disesuaikan. Kemudian, kapasitas penyimpanan internal mengalami peningkatan dari model sebelumnya jadi sebesar 64GB(dari 32GB). Selain itu, Switch OLED juga disertakan dock baru yang terdapat port untuk kabel Ethernet. Switch OLED juga mengalami peningkatan kualitas audio yang digunakan saat bermain gim secara portabel. 

Sementara banyak rumor yang telah beredar jika model Switch terbaru akan didukung dengan prosesor Nvidia terbaru. Namun, dilansir Theverge (7/7), perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada perubahan besar secara internal pada prosesor dan RAM. Nintendo mengatakan jika Switch OLED tidak memiliki prosesor baru dan tidak ada peningkatan kapasitas RAM dari model yang sebelumnya. 

Nintendo juga mengatakan apabila masa pakai baterai pada Switch OLED akan mencapai sembilan jam, yang mana masa pakai itu sama dengan model saat ini. Sementara itu, semua Joy-Con asli yang telah beredar akan dapat bekerja dengan model Switch terbaru ini. Tidak hanya Joy-Cons, semua gim yang ada saat ini juga akan berjalan di Switch OLED. Nintendo juga akan menawarkan varian warna black white saat Switch OLED dikirimkan akhir tahun ini. Dan dock baru yang tersedia di Switch OLED, akan dapat berfungsi juga di model sebelumnya.

Switch telah terjual dengan sangat baik, dengan mampu mendominasi penjualan konsol gim di pasar Amerika Serikat selama hampir dua tahun berturut-turut. Total penjualan Switch saat ini mencapai 84,59 juta unit sejak diluncurkan pada tahun 2017. Angka tersebut semakin mendekati total penjualan dari konsol Wii, yang sebesar 101,63 juta. Peluncurkan model Switch terbaru ini jelas untuk mendorong penjualan konsol agar dapat mengejar Wii.

 

Share
×
tekid
back to top