sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
Minggu, 09 Des 2018 22:44 WIB

Mencoba Realme U1, smartphone dengan Helio P70 pertama di Indonesia

Realme U1 memiliki keunggulan di bagian performa dengan mengusung prosesor Helio P70. Selain itu, kamera depan 25MP milik Sony mampu menangkap gambar yang lebih baik.

Mencoba Realme U1, smartphone dengan Helio P70 pertama di Indonesia
Realme U1

Realme baru saja memperkenalkan salah satu jagoan terbaru mereka di Indonesia, yakni U1. Mereka mencoba menarik perhatian masyarakat dengan menawarkan pemilihan prosesor terbaru milik MediaTek, yakni Helio P70.

Tek.id jadi salah satu yang beruntung untuk mencoba smartphone ini. Penasaran bukan, bagaimana pengalaman kami dalam menggunakan smartphone ini? Kalau penasaran, yuk kita simak bersama-sama pengalaman menggunakan Realme U1 berikut ini.

Tetap tampil fresh melalui desain notch yang kecil dan layar yang mumpuni

Bila Anda penggemar desain smartphone Realme sebelumnya, yakni Realme 2 Pro, maka Anda beruntung. Realme kembali menggunakan desain ‘Dew Drop’ dalam perangkat ini. Tentunya, hal ini membuat U1 tampil lebih fresh dibandingkan dengan smartphone dengan notch lainnya.

Alhasil, pengalaman kami dalam melihat konten di layar pun semakin menyenangkan. Bagaimana tidak, desain ini membuat rasio layar terhadap bodi dari U1 mencapai 90,8 persen di layar sebesar 6,3 inci.

Rasio 19.5:9 dengan resolusi FHD+ 2340x1080 pixel membuat layar ini memiliki kepadatan hingga 409 pixel per inch. Ditambah lagi, contrast ratio yang ditawarkanny sangat tinggi, yakni 1500:1. Tak ketinggalan, layar dari U1 juga sangat cerah, memiliki tingkat kecerahan layar 450nit.

Pengguna pun tak harus takut layar IPS yang ada di smartphone ini cepat baret. Realme telah menyematkan layar yang telah dilindungi Corning, melalui teknologi Gorilla Glass mereka.

Bagi Anda yang memiliki tangan yang kecil, desain bezel yang hanya 2,05 mm di bagian atas, 1,7 mm di kiri dan kanan, serta 5,2 mm di bagian bawah, membuat Realme U1 sangat nyaman untuk digenggam.

Selain itu, ada satu fitur layar yang menarik dari Realme U1. Mereka menyempurnakan imersi "Full Screen Multitasking" dengan teknologi "Smart Sidebar". Bagi pecinta gim, Realme juga menyediakan "Game Sidebar” untuk memudahkan pengguna mengatur preferensi saat bermain gim.

Beralih ke bagian belakang, U1 dibekali dengan desain unik bernama Light Pillar Design back cover. Untuk menghasilkan efek light pillar ini, injection molding dilakukan berulang kali, dan 13 lapis laminasi level mikro dibuat dengan proses yang tidak sederhana. Setiap lapis dipanaskan dengan temperatur tinggi untuk menyatukannya secara atomik. 

Light pillar cover ini membawa kesan transparan, trendi, dengan kualitas yang tinggi. Tak ketinggalan, mereka juga menyematkan teknologi 2.5D curved glass disatukan dengan sangat presisi memberikan kenyamanan untuk digenggam. Kami pun merasa nyaman menggunakan U1 dalam waktu yang sangat lama.

Pakai Helio P70, performa ganas

Beralih ke bagian jeroan, di sini kami menemukan sebuah konfigurasi yang menarik. Ya, Realme U1 menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor terbaru dari milik MediaTek, yakni Helio P70 di Indonesia, dan bahkan di dunia.

Pihak MediaTek mengatakan, prosesor ini bisa bersaing langsung dengan prosesor milik Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Prosesor ini digunakan pada smartphone lain milik Realme, yakni Realme 2 Pro. Lantas, bagaimana dengan kemampuannya?

Setelah melakukan beberapa tes, kami pun mendapatkan sebuah hasil yang cukup memuaskan. Menggunakan benchmark sintetis 3DMark, kami berhasil mendapatkan skor 1.045 poin untuk Sling Shot Extreme. Sementara versi Extreme Unlimited berhasil mendapatkan skor 1.096 poin.

Hasil yang baik kembali kami dapatkan saat melakukan pengetesan benchmark sintetis menggunakan PCMark 2. Skor U1 ada di angka 7.446. Tentu saja, hasil ini merupakan hasil yang mengesankan.

Berlanjut dalam pengetesan dunia nyata, kami mencoba memainkan beberapa gim populer, seperti PUBG, Asphalt 9 Legends, dan Arena of Valor. Cara kami mengambil data adalah dengan menggunakan aplikasi penangkap FPS bernama GameBench.

Saat memainkan gim PUBG dengan pengaturan kualitas HD dengan pengaturan high FPS diaktifkan, rata-rata framerate yang didapat U1 adalah 25 FPS. Lalu, untuk FPS maksimum dan minimum masing-masing 43 FPSdan 17 FPS.

Beralih ke gim Asphalt 9, Realme U1 berhasil memiliki FPS rata-rata di angka 27 FPS. Sementara FPS maksimum dan minimum masing-masing berada di angka 29 FPS dan 8 FPS. 

Terakhir, di gim AOV dengan pengaturan yang sama, U1 berhasil mendapatkan FPS rata-rata sebesar 31 FPS, dengan maksimal FPS di angka 47 dan minimal di angka 29 FPS. Hasli ini bisa didapatkan berkat GPU Mali G72 MP3.

Panas yang dihasilkan perangkat ini pun bisa dibilang dapat ditolerir. Saat melakukan pengetesan bermain selama 2 jam berturut-turut, U1 hanya memiliki suhu sekitar 34 derajat celcius yang berpusat di dekat pemindai sidik jari.

Nah, bagi Anda yang merupakan heavy user, smartphone keempat yang dibawa Realme ke Indonesia ini juga dapat melakukan multitasking dengan baik. Hal ini karena U1 dibekali RAM sebesar 4GB.

Bagi Anda yang suka mengambil foto dan video, memasang banyak aplikasi, atau menjejalkan banyak film untuk ditonton, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Realme U1 memiliki penyimpanan internal sebesar 64GB, yang dapat diekspansi melalui MicroSD hingga 256GB.

Kecepatan penyimpanan atau membaca file pun cukup baik. Saat mencoba menggunakan aplikasi Andro Bench, skor sequential read dari Realme U1 mencapai 297 Mbps dan write di angka 213 Mbps. Sementara kecepatan random read mencapai 12625 Mbps dan write di angka 7102 Mbps.

Oh iya, Realme juga menyematkan baterai sebesar 3.500mAh di dalam U1. Ajaibnya, perangkat ini bisa menemani keseharian kami, mulai dari bekerja atau sekedar melakukan browsing yang diselingi bermain gim dan menyaksikan video. Smartphone ini berhasil bertahan selama hampir satu hari.

Untuk memberikan bukti yang valid, kami pun menggunakan aplikasi PCMark untuk melakukan pengetesan baterai. Singkat cerita, dalam melakukan pengujian, perangkat ini berhasil bertahan selama 6 jam 50 menit.

Saat melakukan pengujian bermain gim selama 2 jam non-stop, penurunan dayanya sekitar 30 persen saja, atau dari 99 persen menjadi ada di kisaran 68 persen.

Nah, bagi Anda yang merupakan penggemar konten HDR, U1 sudah mendukung fitur tersebut. Kami pun sudah mencoba menonton beberapa konten HDR di perangkat ini. Dan hasilnya pun cukup memuaskan>

    Share
    ×
    tekid
    back to top