Meizu Zero, smartphone tanpa port dan tombol

Yang menarik dari smartphone ini adalah desainya karena dirancang tanpa tombol fisik, bahkan hingga tanpa ada port slot untuk kartu SIM.

Meizu Zero, smartphone tanpa port dan tombol

Meizu menggebrak pasar dengan smartphone baru yang mutakhir. Disebut Meizu Zero, smartphone ini dirilis di negeri asalnya - China. Yang menarik dari smartphone ini adalah desainya karena dirancang tanpa tombol fisik, bahkan hingga tanpa ada port slot untuk kartu SIM.

Sebagai gantinya, Meizu Zero bergantung pada eSIM dan mengandalkan tekanan sensitif untuk volume serta tombol power. Semua ini dilakukan menggunakan teknologi yang mereka namakan sebagai mEngine 2.0. Kemampuan ini cukup mirip dengan teknologi milik HTC di perangkat U11 mereka.


BACA JUGA

Fingerprint Nokia 9 PureView bisa dibobol bungkus permen karet

Kini smartphone bisa dijadikan alat pemindai ultrasonografi

Mencari juara antara Samsung Galaxy S10 Plus vs Huawei P30 Pro


Anda juga tak akan menemukan jack audio 3,5mm atau port USB tipe C untuk mengisi daya smartphone. Pengguna diharuskan memakai charger nirkabel Super mCharge serta aksesori audio Bluetooth nirkabel.

Vivo juga dikabarkan tengah merancang smartphone dengan konsep serupa yang disebut Vivo Apex 2019. Namun rupanya Meizu mencuri start dengan merilis smartphone buatannya lebih dulu. 

Meski telah dirilis, harga Meizu Zero belum diumumkan. Terkait fitur eSIM, perusahaan mengatakan masih harus mendapatkan persetujuan dari pihak regulator. Usai izin itu didapatkan, Meizu Zero baru akan dipasarkan. Belum diketahui apakah smartphone ini akan tersedia secara global atau tidak.

Dilansir NDTV (24/1), Meizu Zero hadir dengan desain yang minimalis. Panel belakangnya berwarna hitam atau putih dengan efek mengkilap. Perangkat ini juga memiliki kamera ganda, yang ditempatkan secara vertikal. Sementara kamera depannya dibuat semungil mungkin sehingga bezelnya cukup tipis. 

Meizu Zero

Sekilas smartphone ini tampak seperti flagship Samsung dengan bezel tipis dan layar melengkung. Teknologi pemindai sidik jari di layar turut melengkapi Meizu Zero. Spesifikasi lainnya yaitu sertifikasi IP68 yang mendukung smartphone ini untuk tahan dari debu dan air hingga 30 menit.

Komponen speaker juga tak akan ditemukan di Meizu Zero. Perusahaan mengintegrasikan teknologi mSound 2.0, yang diklaim menggunakan layar ponsel sebagai speaker juga media penyalur audio.

Meizu belum mengumumkan semua spesifikasi Meizu Zero. Mereka hanya menyebutkan Meizu Zero beroperasi dengan Flyme 7 yang berbasis sistem operasi Android. Sayang belum jelas mereka akan menggunakan basis Android 9.0 Pie atau tidak. Layarnya membentang 5,99 inci dengan resolusi Full HD+(1080x2160 piksel) dengan panel SUPER AMOLED. 

Dapur pacunya ditopang dengan Snapdragon 845 yang dipasangkan dengan GPU Adreno 630. Kamera utamanya memiliki resolusi 12MP dan 20 MP (telephoto). Sementara kamera depannya didukung sensor 20MP dengan dukungan Face Unlock.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: