sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 05 Sep 2023 18:55 WIB

Malware tak dikenal tiba-tiba muncul di ponsel Xiaomi

Melalui unggahan di Reddit, pengguna ponsel Xiaomi membagikan bagaimana malware ini memengaruhi ponselnya.

Malware tak dikenal tiba-tiba muncul di ponsel Xiaomi
Source: Unsplash/Christian Salas

Pengguna Xiaomi baru-baru ini melaporkan sebuah malware bernama Mintnav terpasang di ponsel mereka, yang konon meretas browser Chrome. Melalui unggahan di Reddit, pengguna tersebut membagikan bagaimana malware ini memengaruhi ponselnya.

"Hai teman-teman, baru-baru ini saya melihat di semua ponsel Xiaomi saya bahwa beranda Google Chrome saya diubah menjadi situs bernama "Mintnav", hati-hati untuk mengubahnya, saya tidak menemukan dokumentasi apa pun tentang situs ini jadi menurut saya itu scam (sesuatu yang sering saya temukan dibuat oleh Xiaomi)," tulisnya.

Setelah mengetahui kabar tersebut, beberapa pengguna Twitter/X juga mengeluhkan hal yang sama. Dikutip dari Gizmochina (5/9), situs web tutorial, Howtoremove Guide, menyatakan “Mintnav" merupakan kategori aplikasi pembajak peramban.

"Mintnav termasuk dalam kategori aplikasi pembajak peramban, dan meskipun tidak menimbulkan kerugian langsung yang signifikan, hal ini tentu dapat menjadi sumber gangguan dan gangguan besar terhadap aktivitas penelusuran web harian Anda.”

Sejauh ini, belum diketahui bagaimana program tak dikenal ini bisa masuk ke ponsel Xiaomi. Juga, tidak terdengar keluhan terkait Mintnav dari ponsel merek lain. Bisa jadi dugaan malware ini muncul di smartphone Xiaomi setelah adanya pembaruan.

Jika Sahabat Tek juga mendapatkan malware ini di browser Chrome, kalian dapat menghapusnya dengan masuk ke pengaturan Chrome di bawah “Beranda” dan menonaktifkan opsi atau mengubahnya ke beranda Chrome default.

Share
×
tekid
back to top