iPhone tahun depan bakal pakai layar OLED buatan Tiongkok

Apple kabarnya tengah dalam tahap akhir untuk mendapatkan sertifikasi layar dari BOE Technology, yang akan mereka gunakan untuk produk iPhone tahun depan.

iPhone tahun depan bakal pakai layar OLED buatan Tiongkok

Apple kabarnya sedang dalam tahap akhir sertifikasi layar dari BOE Technology untuk iPhone tahun depan. Langkah ini merupakan upaya untuk memotong biaya dan mengurangi ketergantungan Apple pada Samsung.

Sumber yang dikutip Nikkei mengatakan Apple secara agresif menguji layar OLED besutan BOE. Jika komponen ini benar-benar diterapkan untuk iPhone, maka Apple akan mencatat sejarah untuk pertama kalinya menggunakan teknologi layar dari Tiongkok. Keputusannya akan diambil Apple di akhir tahun ini, apakah akan bermitra dengan BOE untuk layar iPhone di 2020 nanti?

Masuknya BOE ke dalam salah satu rantai pasokan Apple akan menandai kemajuan signifikan bagi industri panel layar Tiongkok. Pasar OLED diperkirakan akan berkembang pesat dalam waktu dekat. Secara rinci IDTechEx Research menyebutkan kenaikan valuasinya menjadi lebih dari USD30 miliar di tahun ini. Sebelumnya pasar layar OLED bernilai USD25,5 miliar di tahun lalu.

Layar OLED sendiri mengonsumsi lebih sedikit daya. Selain itu OLED juga memungkinkan kontras dan warna yang lebih baik. Ponsel dengan layar ini pun bisa dirancang lebih tipis dan dilipat, serta bisa digunakan pada perangkat wearable dan perangkat elektronik lainnya.

Produsen layar di AS dan Jepang dinilai tidak mampu menyediakan teknologi OLED yang cukup berkualitas bagi Apple. Raksasa teknologi ini lantas membeli layar OLED dari Samsung yang mendominasi pasar layar premium global hingga lebih dari 90%. Masuknya BOE sebagai pemasok OLED bisa mengancam posisi Samsung Display.

Dilansir Nikkei (21/8), Apple saat ini tengah menguji layar OLED BOE di fasilitas perusahaan mereka di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok. BOE pun membangun fasilitas lain di Sichuan, yang akan dialokasikan untuk Apple jika jadi memesan produknya.

Sumber Nikkei menyebut Apple diprediksi akan merilis dua iPhone berlayar OLED pada 2020. Jika memenangkan sertifikasi, BOE kemungkinan akan memasok layar iPhone baru tahun depan. 

Layar OLED menjadi komponen paling mahal di iPhone dengan biaya USD110 atau hampir 30% dari total harga iPhone X. Harga layar OLED kemudian naik menjadi USD120 pada iPhone XS Max karena layarnya lebih lebar. Menurut salah satu sumber, layar OLED besutan BOE bisa 20% lebih murah ketimbang produk Samsung. Sayangnya baik Apple maupun BOE enggan memberikan komentar terkait kabar terbaru ini.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Permintaan terhadap iPhone 11 series lebih baik dari prediksi

iPhone 11 ternyata hanya pakai RAM 4GB

A13 Bionic di iPhone 11 kalahkan kecepatan Snapdragon 855+


Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: