Jurus jitu Realme 3 si pendatang baru

Dari beberapa pengujian yang kami lakukan, Realme 3 dapat menggungguli Galaxy M20 milik Samsung. Baik dari tampilan, OS, kinerja, kemampuan kamera dan daya tahan baterainya.

Jurus jitu Realme 3 si pendatang baru

Sebagai merek baru, Realme yang dikenal selaku sub-brand dari Oppo tampak serius melakukan penetrasi ke pasar smartphone Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari strategi Realme yang terus meluncurkan smartphone baru dengan harga terjangkau namun berbekal spesifikasi mumpuni.

Kehadiran Realme 3 yang menyasar segmen menengah ke bawah tentunya akan mengganggu beberapa merek lain. Sebagai contoh, Galaxy M20 milik Samsung yang dibanderol Rp2.799.000 pada awal peluncurannya.

Terpaut sekitar Rp800 ribu, Realme 3 menjadi penantang serius bagi Samsung Galaxy M20. Meski lebih murah, apakah Realme 3 benar-benar menjadi pilihan yang lebih baik? Simak ulasannya dibawah ini.

Desain lebih elegan

Secara desain, baik Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 mengusung desain yang serupa namun tak sepenuhnya sama. Ukurannya terpaut tipis, Realme 3 sedikit lebih lebar namun Galaxy M20 tampil lebih tebal.

Keduanya hadir dengan layar lega dengan bentang 6.22 inci (Realme 3) dan 6.3 inci (Galaxy M20). Realme 3 hadir dengan resolusi 720 x 1520 piksel, sementara Samsung Galaxy M20 memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel. Realme 3 dan Galaxy M20 hadir dengan notch bergaya dewdrop yang disematkan sebagai kamera selfie.

Selain masih menggunakan port audio 3.5mm, keduanya menawarkan desain SIM tray dedicated sehingga memudahkan pengguna yang ingin menggunakan lebih dari satu kartu SIM dan tambahan storage eksternal.

Di sisi belakang Realme 3 dipoles dengan tampilan gradasi mengilap. Hal ini membuat Realme 3 tampak lebih elegan meski dibanderol dengan harga cukup murah. Sementara Galaxy M20 menggunakan tampilan doff berwarna biru metalik.

User Interface paling update

Di antara para pendatang baru, Realme 3 sudah berbekal Android versi 9, yakni Pie. Tampilan user interface-nya khas stock Android. Ada hal baru yang ditampilkan pada home screen OS terbaru ini, yakni dipangkasnya tombol navigasi sehingga menyisakan tombol Home dan Back saja.

Menariknya tombol Home juga memiliki fungsi sebagai pembuka recent app dan berpindah antar aplikasi. Interaksinya juga cukup menarik, hanya dengan swipe ke atas untuk membuka recent app, geser kanan kiri untuk berpindah antar app.

Selain itu Realme 3 juga memiliki fitur Smart Sidebar. Dengan fitur ini, Sahabat Tek bisa memasang beberapa aplikasi yang sekiranya cukup sering digunakan tanpa harus menggeser ke halaman Home Screen selanjutnya, atau membuka Menu. Tujuannya, untuk memudahkan pengoperasian dengan satu tangan.

Sementara untuk Galaxy M20, Samsung masih mengandalkan OS Android versi 8.1 atau Oreo dan menjalankan Samsung Experience 9.5 sebagai user interface-nya. User interaface-nya memang terlihat sederhana dan mudah digunakan, namun tidak banyak menawarkan konfigurasi di layar depan. Sementara fitur Edge Screen hanya bisa ditemukan pada perangkat Samsung dengan harga cukup tinggi.

Murah tapi tidak murahan

Menyasar kelas menengah bawah, kedua smartphone ini dibekali dengan dapur pacu yang berbeda. Realme 3 menggunakan prosesor Helio P60 dan GPU Mali-G72 MP3, sedangkan Galaxy M20 dibekali prosesor Exynos Octa 7885 dan GPU Mali-G71. Bagaimana performa racikan dari masing-masing smartphone?

Pengujian pertama kami menjalankan aplikasi AnTuTu Benchmark. Dari hasil pengujian AnTuTu Benchmark, Realme 3 lebih unggul dengan mendapatkan skor keseluruhan sebesar 125392, sementara Samsung Galaxy M20 mendapatkan skor 107623.

Dalam pengujian tersebut Realme 3 terlihat unggul di beberapa sektor seperti skor CPU, GPU, dan UX. Sementara sektor memori, Galaxy M20 tampak lebih baik.

Pengujian selanjutnya lebih ditekankan pada kemampuan oleh grafis menggunakan aplikasi 3DMark. Lagi-lagi hasil pengujiannya dimenangkan oleh Realme 3 dengan skor 1129 untuk Sling Shot Extreme dan 1552 untuk Sling Shot. Sementara Samsung Galaxy M20 menorehkan skor 582 dan 753 untuk Sling Shot Extreme dan Sling Shot.

Pengujian selanjutnya kami menggunakan aplikasi Geekbench 4. Aplikasi ini menekankan pada pengujian kinerja smartphone dengan mensimulasikan aktivitas sehari-hari. Dari hasil pengujian Geekbench 4, Realme 3 kembali unggul baik dari kinerja single-core dan multi-core. Realme 3 menorehkan skor 1419 untuk single-core dan 4947 untuk multi-core. Sementara Samsung Galaxy M20 mendapatkan skor 1317 untuk single-core dan 4093 untuk multi-core.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: