sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Selasa, 14 Feb 2023 10:46 WIB

Modder buat iPhone dengan 2 port sekaligus: USB-C & Lightning

Mod dibuat pada iPhone 12 Mini dengan menambahkan port USB tipe-C di samping port Lightning dan menata ulang kabelnya.

Modder buat iPhone dengan 2 port sekaligus: USB-C & Lightning

Seorang insinyur yang juga penggemar Apple dari Korea menciptakan iPhone pertama di dunia dengan dua port yang berbeda, yaitu Lightning dan USB tipe-C. Ponsel ini akan menjadi iPhone kedua di dunia dengan USB tipe-C apabila iPhone 15 benar akan membawa teknologi tersebut.

Namun, mod ini dibuat pada iPhone 12 Mini. Jadi, tidak ada jaminan bahwa proses yang sama kompatibel dengan perangkat yang lebih baru. Dalam sebuah unggahan video di YouTube memperlihatkan proses penambahan USB tipe-C ke smartphone tersebut.

Dilaporkan oleh TechEblog (14/2), prosesnya ini cukuup mudah karena pada dasarnya hanya melibatkan penambahan port USB-C ke sisi Lightning yang ada. Kemudian, menyambungkan semuanya kembali. 

iPhone dengan port USB-C memang sudah dirumorkan belakangan ini, sejalan dengan undang-undang baru UE yang mewajibkan ponsel di masa mendatang - per 28 Desember 2024 - untuk menggunakan port tersebut, termasuk iPhone. 

Greg Joswiak, wakil presiden senior pemasaran Apple juga telah mengonfirmasi hal ini. Dalam wawancara dengan Wall Street Journal, ia mengatakan perusahaan harus mematuhi peraturan. Namun, Joswiak tidak mengatakan secara pasti kapan perubahan itu akan terjadi.

Di sisi lain menurut bocoran dari Mark Gurman, iPhone 15 akan menghadirkan banyak perubahan signifikan, termasuk penggunaan port USB-C. Selain itu, tombol fisik pada perangkat seperti tombol volume dan daya juga akan dihilangkan.

Share
×
tekid
back to top