sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Senin, 27 Apr 2020 10:48 WIB

Ini komponen iPhone SE 2020 yang bisa diambil dari iPhone 8

Kesamaan beberapa komponen antara iPhone SE 2020 dengan iPhone 8 membuat keduanya mampu saling bertukar komponen. Apa saja kah komponen itu?

Ini komponen iPhone SE 2020 yang bisa diambil dari iPhone 8
Source: iFixIt

Beberapa hari lalu, teardown iPhone SE 2020 menunjukkan adanya sejumlah kesamaan dengan iPhone 8 yang rilis beberapa tahun lalu. Hal ini memungkinkan adanya pergantian perangkat di antara kedua smartphone tersebut. Beberapa di antaranya adalah layar, kamera hingga Taptic Engine. 

“Bagian baiknya adalah: kamera, SIM Tray, Taptic Engine dan layar (termasuk mikrofon dan sensor proximity) dapat diganti menggunakan suku cadang iPhone 8. Dan layar itu seharusnya lebih murah daripada iPhone baru beberapa tahun belakangan ini” kata iFixIt (27/4). 

Kendati begitu, penting untuk diperhatikan bahwa jika penggantian layar dilakukan, iPhone tersebut akan kehilangan fungsi True Tone. Lain halnya kalau teknisi dapat mengakses program layarnya. Tidak hanya itu, iFixIt juga menekankan bahwa sekalipun tampak mirip, tombol Home tidak dapat diganti. Artinya pengguna harus mengandalkan tombol home asli. Pasalnya hal ini berkaitan dengan fungsi pemindai sidik jari. 

Di samping beberapa bagian yang dapat diganti tersebut, pengguna juga harus memahami kalau ada sejumlah bagian yang tidak dapat ditukar menggunakan komponen di iPhone 8. Salah satunya adalah baterai. 

Dalam teardown yang dilakukan, baterai iPhone SE 2020 dan iPhone 8 memang tampak identik. Meski begitu, pengguna tidak akan bisa menukar keduanya. Pasalnya keduanya menggunakan konektor yang berbeda, sehingga membuatnya tidak kompatibel. 

iPhone SE 2020 justru memiliki konektor baterai yang sama dengan iPhone 11. Sayangnya, menukar keduanya juga tidak akan membuat iPhone SE 2020 menyala. Bahkan sekalipun penukaran dilakukan dengan baterai asli iPhone SE 2020 lainnya, pemberitahuan “not a genuine Apple battery” akan tetap muncul. 

iPhone SE 2020 dipandang memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya adalah sudah menggunakan chip A13 Bionic seperti iPhone 11 series. Kendati tidak memiliki beragam fitur seperti iPhone 11, namun dengan prosesor terbaru dan dukungan perbaikan yang melimpah akan menjadi penawaran terbaik yang ditawarkan Apple di perangkat ini. 

Share
back to top