sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
Rabu, 30 Sep 2020 10:13 WIB

Ini dia laptop dengan layar lipat pertama di dunia

Lenovo akhirnya resmi menjual laptop dengan layar lipat pertama di dunia, yakni Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Ini dia laptop dengan layar lipat pertama di dunia

Era perangkat lipat saat ini bukan hanya diisi oleh smartphone saja. Produk seperti laptop kini sudah mulai merambah sektor ini. Ya, Lenovo ThinkPad X1 Fold hadir sebagai sebuah laptop pertama di dunia yang layarnya dapat dilipat. Dan saat ini, Lenovo sudah memulai masa pre-order untuk perangkat ini. 

Perangkat ini sebenarnya sudah pernah diperkenalkan Lenovo pada ajang CES 2020 Januari silam. Laptop ini memiliki layar berukuran 13 inci tanpa keyboard fisik. Artinya seluruhnya sudah mengandalkan touchscreen. Dan laptop ini dibanderol seharga USD2499 atau sekitar Rp37 jutaan. 

Ada beberapa skenario penggunaan yang ditawarkan Lenovo di perangkat ini. Pengguna bisa membuka seluruh layar laptop ini layaknya tablet atau sebuah laptop. Atau membukanya setengah untuk menggunakan keyboard layar atau bisa juga dengan menambahkan keyboard bluetooth. Dengan begini, Lenovo ThinkPad X1 Fold akan menjadi sebuah laptop dengan layar 9,6 inci. 

Di dalamnya tertanam chip Intel Core dengan teknologi Intel Hybrid, kartu grafis Intel UHD, RAM 8GB LPDDR4X dan SSD dengan kapasitas hingga 1TB. Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan kamera 5MP, serta dukungan koneksi 5G. Bahkan perangkat ini juga sudah dibekali dengan SIM Tray. Lembar spesifikasinya menyebut kalau baterainya dapat bertahan selama 11 jam pemakaian. 

Lenovo juga menyediakan paket tambahan berupa Active Pen Stylus dan sebuah keyboard mini yang khusus digunakan untuk laptop ini. Sayangnya kedua aksesoris ini tidak termasuk dalam paket penjualan Lenovo ThinPad X1 Fold. Keduanya dijual dalam paket terpisah seharga USD300. 

Belum diketahui seberapa kuat engsel dan layar yang ditawarkan Lenovo pada laptop lipat ini. Sebagaimana diketahui, perangkat lipat punya awal yang buruk ketika Samsung meluncurkan generasi pertama Galaxy Fold. Lenovo sendiri tampak yakin dengan durabilitas perangkat buatannya ini. 

Namun sedikit berbeda dengan perangkat lipat milik Samsung, laptop Lenovo tidak menggunakan layar kaca, melainkan layar OLED yang dilapisi polimer. Mengingat layarnya sudah mendukung penggunaan stylus, kemungkinan besar layar ini jauh lebih kuat ketimbang perangkat lipat yang pernah ada sebelumnya. 

Share
×
tekid
back to top