Ini alasan Samsung pangkas jack headphone di Galaxy Note 10

Biasanya Samsung tak mengungkap alasan hilangnya jack audio 3,5mm secara teknis. Namun perusahaan buka suara perihal hilangnya fitur itu di Note 10.

Ini alasan Samsung pangkas jack headphone di Galaxy Note 10 (Foto: Digital Trends)

Samsung Galaxy Note 10 merupakan ponsel pertama dari seri Note yang tak menyertakan jack audio 3,5mm. Namun Note 10 bukan smartphone pertama Samsung yang memangkas fitur tersebut. Pada 2017 misalnya, ponsel flip Sasung W2018 atau Galaxy A80 juga tak menyertakan jack audio.

Biasanya Samsung tak mengungkap alasan hilangnya jack audio 3,5mm secara teknis. Namun perusahaan buka suara perihal hilangnya fitur itu di Note 10. The Verge menyebutkan perwakilan Samsung menyatakan bahwa penghapusan jack audio memungkinkan perusahaan meningkatkan ukuran baterai hingga 100mAh. Selain itu, pemangkasan jack audio juga akan membantu meningkatkan pengoperasian smartphone dari layar karena tak ada ruang kosong dalam ponsel.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Samsung siapkan Galaxy S10 versi Lite

Samsung Pay kini terintegrasi Dana dan GoPay

Samsung Galaxy A50s, smartphone yang nyaman banget dipakai


Hal serupa juga dinyatakan Elvira Jakub selaku Mobile Marketing Director Samsung Electronics Indonesia yang menyebut harus ada komponen yang dikorbankan demi membuat Note 10 berdesain ringkas. "Bukan berarti earphone-nya enggak bisa dipakai lagi. Nanti bisa pakai konektor penghubung ke tipe C... Karena desainnya tipis banget, makanya harus ada komponen yang dipangkas," katanya usai peluncuran Galaxy Note 10 di Jakarta.

Samsung menyertakan earphone dengan USB-C dalam paket pembelian. Namun untuk menghubungkan earphone dengan jack audio 3,5mm, pelanggan harus menggunakan konektor yang terpisah dari paket pembelian. 

Jika jack headphone absen dari Galaxy Note 10 maupun Note 10+, lain halnya dengan slot memori eksternal. Fitur ini kini hilang dari Galaxy Note 10. Hal ini juga menjadi salah satu pembeda antara Note 10 dengan versi Plus. Di Galaxy Note 10 Plus pengguna bisa memanfaatkan slot memori eksternal yang mampu menampung penyimpanan hingga 1TB.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: