sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Selasa, 03 Okt 2023 14:50 WIB

Bukan 7nm asli, chipset Huawei Kirin 9000s ternyata dimodifikasi dari proses 14nm

CEO perusahaan riset elektronik Fomalhaut Techno Solutions yang berbasis di Tokyo, Minatake Mitchell Kashio, meyakini bahwa CPU Kirin 9000s diproduksi menggunakan proses 14nm SMIC.

Bukan 7nm asli, chipset Huawei Kirin 9000s ternyata dimodifikasi dari proses 14nm

Kirin 9000s adalah chipset 5G terbaru Huawei, yang mendukung smartphone andalannya, Huawei Mate 60. Chipset ini santer dibicarakan karena secara teknis chip ini seharusnya tidak ada.

AS melarang Huawei mengakses teknologi yang diperlukan untuk memproduksi chip canggih seperti Kirin 9000s. Namun, perusahaan asal Tiongkok itu tetap berhasil mewujudkannya.

Menurut laporan baru-baru ini yang dilansir dari Gizmochina (3/10), Huawei merancang Kirin 9000s dengan memodifikasi chipset 14nm menjadi 7nm.

Dalam wawancara dengan South China Morning Post, CEO perusahaan riset elektronik Fomalhaut Techno Solutions yang berbasis di Tokyo, Minatake Mitchell Kashio, meyakini bahwa CPU Kirin 9000s diproduksi menggunakan proses 14 nm SMIC.

Dia mengatakan teknik khusus tertentu diterapkan untuk meningkatkan kinerja chip, membawanya mendekati level prosesor kelas 7 nm.

Untuk diketahui, semakin kecil node proses, semakin baik prosesornya. Hal ini karena node proses yang lebih kecil memungkinkan produsen untuk memasukkan transistor ke dalam chip. Jadi, prosesor 7nm lebih baik dibandingkan 14nm. 

Temuan Kashio membantah klaim Techinsights yang mengatakan bahwa Kirin 9000 dibuat menggunakan proses 7nm (N+2) SMIC. Namun, dia tidak merinci teknik yang digunakan Huawei atau SMIC dalam memodifikasi 14nm menjadi 7nm.

Sebagai informasi, Kirin 9000s dilengkapi CPU octa-core dengan dukungan hyper-threading, menjadikannya chip ARM pertama yang melakukannya. 

Chipset 5G Huawei, yang membuat dunia bertanya-tanya bagaimana mereka bisa menciptakannya, terdiri dari core utama yang memiliki clock 2,62 GHz, tiga core median 2,15 GHz, dan empat core efisiensi.

Share
×
tekid
back to top