HTC bakal luncurkan smartphone berteknologi blockchain

Lain halnya dengan vendor smartphone kebanyakan, HTC berupaya menghadirkan smartphone Android berteknologi blockchain

HTC bakal luncurkan smartphone berteknologi blockchain (Foto: Android Central)

HTC lama tak terdengar kabarnya setelah menjual divisi smartphone-nya ke Google di tahun lalu. Namun kini perusahaan tersebut mengumumkan rencananya untuk merakit smartphone baru. 

Lain halnya dengan vendor smartphone pada umumnya, HTC berupaya menghadirkan smartphone Android berteknologi blockchain sebagaimana dilaporkan TheNextWeb. Rencananya smartphone itu akan disebut Exodus dengan fitur dukungan wallet dan hardware universal untuk cryptocurrency serta aplikasi yang terdesentralisasi.

Sebagai permulaan, Exodus akan memiliki dukungan untuk Bitcoin, Ethereum, serta jaringan cryptocurrency utama lainnya. Perusahaan juga mengharapkan kerjasama yang lebih luas di masa mendatang ketika smartphone itu telah diluncurkan.

HTC ingin agar jaringan blockchain yang menggunakan ponsel Exodus akan mendukung perdagangan cryptocurrency antar pengguna. Perusahaan juga kabarnya akan mempertimbangkan izin pengguna untuk membeli Exodus dengan cryptocurrency atau mata uang digital. Sayangya sejauh ini belum ada harga yang dipatok HTC untuk smartphone tersebut.

Founder HTC Vive, Phil Chen akan memimpin proyek ini. Dilansir The Verge, langkah ini mengikuti tren terbaru sebagaimana dilakukan eksekutif Facebook Messenger dan Instagram yang kini beralih memimpin divisi blockchain.

Dalam sebuah konferensi blockchain di New York City bertajuk Consensus 2018, Chen mengatakan "Kami membayangkan ponsel dimana Anda memiliki kunci bagi Anda sendiri, Anda memegang identitas dan data Anda sendiri, dan ponsel Anda adalah hub".

Smartphone yang didukung dengan teknologi blockchain sendiri memang bukan kali pertama diusung oleh HTC. Sebelumnya, Sirin Labs telah merilis ponsel bertajuk Finney, yang memungkinkan pengguna menyimpan serta menggunakan mata uang digital untuk menyelesaikan transaksi. Ponsel itu dibanderol seharga USD1.000. Belum jelas berapa harga yang akan dipatok oleh HTC pada smartphone blockchain-nya. Kita tunggu saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: