sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Rabu, 20 Jan 2021 16:18 WIB

Hands-on Galaxy S21 Ultra 5G di Indonesia

Pertama kali menggenggam Galaxy S21 Ultra, bobotnya terasa cukup berat dibanding smartphone lainnya atau jika dibandingkan dengan Galaxy S10 Plus. Berikut Tek.id rangkum hands on Samsung Galaxy S21 Ultra.

Hands-on Galaxy S21 Ultra 5G di Indonesia
Source: Tek.id

Samsung Galaxy S21 Ultra menjadi smartphone flagship tertinggi di jajaran Galaxy S21 Series. Meski secara umum spesifikasi yang diusung jajaran smartphone ini cukup sama, sejumlah peningkatan turut melengkapi Galaxy S21 Ultra. 

Tak hanya dari sisi jeroan smartphone, tampilan Galaxy S21 Ultra juga berbeda dari varian lainnya. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum hands on Samsung Galaxy S21 Ultra.

Galaxy S21 Ultra dilengkapi dengan layar 6,8 inci berteknologi Dynamic AMOLED 2x. Dengan teknologi ini, tampilan smartphone Samsung ini tampak nyaman dipandang maupun dioperasikan dalam menavigasi menu. Apalahi hadirnya dukungan refresh rate 120Hz membuat smartphone ini gesit saat menjalankan berbagai tampilan. 

Galaxy S21 Ultra juga dikemas dengan punch hole berukuran kecil diposisikan di tengah atas ponsel. Samsung sendiri menyebut konsep itu sebagai Infinity-O. Lubang itu sekaligus menopang kamera depan beresolusi 40MP.

Pertama kali menggenggam Galaxy S21 Ultra, bobotnya terasa cukup berat dibanding smartphone lainnya atau jika dibandingkan dengan Galaxy S10 Plus. Namun demikian, bobot tersebut menambah kesan kokoh pada smartphone flagship ini. Desain smartphone ini juga tampak premium dengan case yang doff dan nyaman digenggaman. 

Samsung juga melakukan perombakan pada housing kamera Galaxy S21 Ultra. Dengan konsep yang disebut contour cut, housing dengan dirancang dengan bahan kaca dan metal, serta hampir menyatu dengan body smartphone

Hands on Samsung Galaxy S21 Ultra

Empat lensa Galaxy S21 Ultra ditempatkan dalam dua baris, tiga lensa untuk baris pertama dan satu lensa lainnya pada baris kedua, bersanding dengan lampu LED flash serta sensor laser AF. Meski housing-nya tampak menyatu, ketebalannya dengan case Galaxy S21 Ultra cukup berbeda. Ini menjadikan housing tersebut sebagai salah satu penopang utama ketika ponsel disimpan di meja. 

Rancangan tombolnya juga membuat smartphone ini tampil elegan. Didesain cukup tipis, tombol volume dan power smartphone ini diposisikan sejajar di sisi kanan ponsel. Sementara itu slot kartu SIM-nya ditempatkan di bawah ponsel, bersamaan dengan speaker, mikrofon serta port USB tipe-C. Slot kartu SIM pada smartphone ini mampu mengakomodir dua kartu SIM berjenis nano. Tak ada slot micro-SD yang tersedia.

Sementara itu box yang mengemas Galaxy S21 Ultra tampak minimalis dengan warna khasnya, hitam, disertai penamaan ponsel Galaxy S21 Ultra 5G. Sebagaimana disampaikan Samsung dalam peluncurannya, Galaxy S21 Series tak dilengkapi dengan adaptor charger maupun earphone. Ini merupakan kali pertama Samsung menghilangkan komponen tersebut dalam paket pembelian Galaxy S-series. Langkah ini juga menjadikan box Galaxy S21 Ultra 5G tampak minimalis.

Paket pembelian Galaxy S21 Ultra 5G terdiri dari unit smartphone, Quick Start Guide, USB C ke C dan SIM ejector. Tak ada softcase tambahan yang biasanya melengkapi Galaxy S-series maupun smartphone lainnya. 

Hands on Samsung Galaxy S21 Ultra

Tampilannya sendiri didukung dengan antarmuka One UI 3. Saya sendiri merasa nyaman dengan antarmuka ini, terlebih dengan beberapa peningkatan fitur terkait privasi, salah satunya pengguna bisa menghapus data lokasi sebelum mengirimkan foto ke pengguna lain. 

Spesifikasi Galaxy S21 Ultra

Gaalxy S21 Ultra ditenagai prosesor Exynos 2100 dan dipadukan dengan RAM 12GB/128GB. Ada pula varian RAM 12GB/256GB dan RAM 16GB/512GB. Sebagai catatan, smartphone ini tidak didukung dengan slot microSD sehingga tidak memungkinkan Anda menambahkan memori eksternal. 

Yang menarik, smartphone ini dibekali dengan kamera yang diklaim paling canggih saat ini. Konfigurasi kameranya mencakup Ultra Wide 12MP, Wide 108MP, dan dua kamera Telephoto masing-masing 10MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 40MP.

Hands on Samsung Galaxy S21 Ultra

Sejumlah fitur pendukung fotografi dan videografi turut melengkapi smartphone ini seperti fitur Super Steady, Single Take, Director's View hingga Pro Mode baik untuk foto maupun video.

Daya tahan smartphone ini ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat diisi ulang menggunakan USB tipe-C. Yang tak kalah menarik, Galaxy S21 Ultra juga kini mendukung teknologi stylus atau Samsung S Pen. Hadir sebagai aksesori terpisah, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra dapat digunakan untuk menggambar, menulis hingga mengedit foto. S Pen dari perangkat Samsung yang lain juga dapat digunakan di Galaxy S21 Ultra 5G.

Hands on Samsung Galaxy S21 Ultra


Harga Galaxy S21 Ultra 5G dibanderol mulai dari Rp 18.999.000. Pre-order smartphone ini masih dibuka hingga 27 Januari. Semua pre-order juga akan langsung mendapatkan Galaxy Smart Tag. Dengan Galaxy SmartTag Bluetooth Locator, konsumen dapat melacak semua yang penting. Mereka dapat menempelkannya ke kunci, tas, hewan peliharaan, atau apa pun yang ingin mereka awasi. Di masa pre-order ini juga Samsung menawarkan value hingga hampir 8 juta pada pembelian Galaxy S21 Ultra 512 GB. 

Share
×
tekid
back to top