Google akhirnya hentikan dukungan ke smartphone Nexus terakhir

Diketahui, Nexus 5X dan Nexus 6P merupakan dua lini smartphone Nexus terakhir. Kedua smartphone tersebut masing-masing adalah hasil kerjasama Google dengan LG dan Huawei.

Google akhirnya hentikan dukungan ke smartphone Nexus terakhir Google Nexus 6P (Google)

Google saat ini diketahui tengah fokus dalam dua hal, yani pengembangan sistem operasi (OS) terbaru mereka yakni Android P 9.0 dan jajaran smartphone Pixel terbaru. Sayang, pengembangan ini pun harus mengorbankan beberapa hal.

Kali ini, dua korban yang jatuh adalah smartphone besutan mereka yakni Nexus 5X dan 6P. Dalam situs resmi mereka, Google memutuskan untuk mengakhiri dukungan dan pembaruan kedua perangkat tersebut.

Ubergizmo (7/11) melaporkan, perusahaan mesin pencari raksasa itu tidak lagi akan memberikan dukungan pembaruan untuk Nexus 5X dan 6P setelah akhir November 2018. Kedua perangkat tersebut bahkan tidak mendapat pembaruan Android mulai September 2017.

Para pengguna kedua perangkat tersebut sebelumnya masih mendapat pembaruan keamanan dari Google. Pembaruan ini cukup penting bagi para pengguna, untuk menangkal serangan yang dilakukan peretas terhadap perangkat mereka. Jadi, ketika perangkat sudah tak lagi mendapat pembaruan keamanan, maka perangkat tersebut akan sangat lemah bila terkena serangan.

Ini berarti, Google secara efektif telah membunuh semua keluarga Nexus yang tersisa. Sebagai informasi, Nexus 5X dan 6P merupakan dua smartphone besutan Google sebelum mereka memperkenalkan seri Pixel pertama mereka pada 2016.

Meski telah diantisipasi oleh para pengguna, namun hal ini sangat disayangkan. Pasalnya pengguna dari kedua perangkat tersebut hingga saat ini masih cukup banyak. Tapi mengingat umurnya yang sudah tiga tahun, mungkin mengganti perangkat bisa jadi pilihan logis.

Sekadar informasi, Nexus 5X merupakan smartphone hasil kolaborasi antara Google bersama dengan LG. Sedangkan Nexus 6P merupakan smartphone hasil kolaborasi mereka bersama Huawei.

Kedua perangkat tersebut menghadirkan hardware terbaik pada saat itu, dan mendapat dukungan OS terbaru paling cepat diantara smartphone lain. Kedua hal ini menjadi salah satu kelebihan utama yang diberikan oleh mereka untuk menggaet hati pengguna.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: