sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 05 Okt 2017 08:13 WIB

Rangkaian gadget yang Google luncurkan dalam semalam

Semalam Google meluncurkan sedikitnya lima produk keren, ini ringkasannya.

Google baru saja mengumumkan deretan gadget barunya tadi malam (4/10), pada acara yang digelar di San Fransisco. Meskipun hampir semua gadget yang Google luncurkan tadi malam sudah bocor diberitakan di sana sini, tetap saja ada kejutan yang menarik tahun ini.

Google sepertinya ingin menjelma menjadi perusahaan yang memroduksi berbagai perangkat berkemampuan AI. Hal ini dapat dilihat dari beberapa gadget yang mereka luncurkan meliputi smart speaker, smartphone, smart laptop, smart earbud dan smart camera.

Google Pixel 2

Pixel 2 sempat menjadi headline di beberapa situs internasional, taktala banyak pemberitaan membocoran perangkat pintar tersebut sebelum resmi diluncurkan. Menariknya, beberapa dari bocoran tersebut akurat, termasuk hilangnya port audio 3,5mm.

Pixel 2 akan menjalankan sistem operasi Android terbaru yakni Oreo. Desainnya agak sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Tren bezel-less dan cover belakang terbuat dari kaca pun diikuti oleh perusahaan yang berbasis di California ini.

Pixel 2 digadang-gadang meningkatkan kinerja kamera dan menjadi smartphone berkemampuan kamera terbaik saat ini. Skor DXOMark yang diraih Pixel 2 dan Pixel 2XL mencapi 98. Ini lebih baik daripada iPhone 8 Plus yang mencapai skor 94.

Google tetap menggunakan sensor 12MP untuk kamera utamanya, sedangkan kamera selfie menggunakan sensor 8MP. Hanya satu lensa di belakang? Mungkin jadi pertanyaan Anda, karena sekarang tren sedang demam kamera ganda. Ya, Google memang memilih untuk memaksimalkan software demi menghasilkan efek bokeh saat pengambilan Portrait.

Google Pixel 2 akan dijual pada kisaran USD649 atau mendekati angka Rp8 jutaan, sedangkan Pixel 2 XL sedikit lebih tinggi, USD849 atau setara Rp11,4 juta.

Google Pixelbook

Pixelbook menjadi laptop premium Google yang menjalankan OS Chrome. Ia dibekali prosesor i5 dan i7, RAM 16GB, dengan resolusi layar (sentuh) 2560 x 1700 piksel. Jelas, ini bukan Chromebook yang terkesan lebih murah.

Google sangat memerhatikan desain Pixelbook, tipis dan mengaplikasikan material kaca dengan hinge 360 derajat. Tebalnya hanya 10 mm dan hinge tadi bertujuan untuk membuatnya bisa digunakan sebagai tablet.

Google juga menanamkan asisten virtualnya pada Pixelbook, Google Assistant. Terdapat tombol yang didedikasikan khusus untuk mengaktifkan fitur asisten virtual ini di Pixelbook. Ini alasan mengapa Google menyebutnya sebagai Smart Laptop. Selain itu, Google mengklaim bahwa laptop ini merupakan yang paling mendekati pengalaman menggunakan tablet pula.

Pixelbook juga didampingi sebuah stylus yang disebut Pixel Pen. Bekerjasama dengan Wacom, Google mengklaim saat ini Pixel Pen adalah stylus paling sensitif yang pernah diciptakan industri hardware sejauh ini. Bahkan, mesin kecerdasan buatan pun akan mempelajari tiap guratan yang dicetak oleh Pixel Pen, demi menghadirkan pengalaman menggunakan stylus yang terus inovatif.

Google menjanjikan revolusi user experience baru, guna memperbaharui standar industri laptop yang tidak tersentuh perubahan radikal selama 20 tahun terakhir.

Pixelbook resmi dipasarkan pada 23 Oktober mendatang pada kisaran harga USD999 atau setara Rp13 juta. Tambahkan USD99 atau setara Rp1,3 juta lagi untuk mendapatkan Pixel Pen.

Google Home Mini

Jika Anda kurang menyukai apa yang ditawarkan Google pada produk Home mereka, kini Google menyediakan alternatif mungilnya. Gadget yang beroperasi dengan interuksi suara ini berwujud jauh lebih mungil, hanya sekitar 4 inci saja ukurannya. Ini berkat dukungan Google Assistant yang sama seperti saudara tuanya, Google Home.

Karena berukuran lebih mungil, agak sulit jika membandingkan kemampuan audionya. Tentu, gadget ini tidak bisa menyamai apa yang diberikan Google Home. Namun yang perlu Anda ingat, ia memiliki kemampuan Google Assistant yang sama.

Dalam video promonya, Google Home Mini bahkan bisa diplot menjadi Baby Sitter canggih. Anak-anak akan bermain dengan Google Home Mini di rumah, lepas dari tablet maupun smartphone. Kemudian, bersenang-senang sambil memerintahkan Google Home Mini memutarkan musik favorit mereka. Sampai-sampai, Google mengimbau agar anak-anak menggoda si Home Mini ini agar ia bertambah cerdas dan mampu berinteraksi lebih mengasyikkan lagi.

Salah satu poin yang menarik adalah Google akan menjualnya murah. Banderol untuk Google Home Mini berkisar Rp 700 ribu. Home Mini akan menjadi rival dari Amazon Echo Dot.

Google Home Max

Jika Anda mengharapkan sistem audio untuk memenuhi ruangan Anda, Google Home dan Home Mini bukan yang Anda cari, namun Google Home Max. Smart Speaker berukuran bongsor ini bisa memenuhi ruangan Anda dengan beat dari koleksi lagu Diplo, namun tetap smart.

Google Home Max dibekali dengan dua buah subwoofers berukuran 4,5 inci serta penempatan tweeter di bagian atas untuk memberikan kualitas suara yang baik. Ideal untuk mengubah hunian Anda menjadi lounge pribadi.

Speaker pintar ini akan resmi diluncurkan pada bulan Desember mendatang dengan kisaran harga Rp5,4 juta rupiah.

Google Pixel Buds

Karena Pixel 2 menghilangkan port audio 3,5mm, Google pun meluncurkan Smart Earbud dengan koneksi wireless. Entah dejavu atau apa, rasanya ini seperti yang Apple lakukan pada iPhone 7, bahkan kalau tidak salah, Google sempat mengejek earphone Wi-Fi iPhone waktu itu.

Pixel Bud disebut sebagai salah satu gadget pintar, mengapa? Alasannya adalah earbud yang diluncurkan Google ini dapat menerjemahkan bahasa asing. Ini berkat fitur real-time Google Translate yang ditanamkan di dalamnya.

Untuk awalnya, kemampuan Google Translate ini baru bisa menerjemahkan 40 bahasa asing. Ke depannya, seiring makin banyak pengguna yang menggunakan, kemampuan ini akan makin meningkat. Tim Google menggambarkan bagaimana lancar dan alaminya percakapan dua pengguna bahasa berbeda Inggris-Swedia, ketika berkomunikasi dibantu Earbud ini.

Earbud akan dibanderol pada kisaran Rp2,1 juta dan mulai dipasarkan pada bulan November mendatang.

Google Daydream View

Headset VR sudah pernah diluncurkan Google tahun lalu. Kali ini, Google memberikan sentuhan baru. Daydream baru memiliki sudut field-of-view yang lebih lebar, lalu Google juga menyediakan tiga warna menarik Charcoal, Fog dan Coral.

Sebuah kontroler juga Anda dapatkan dan bisa Anda simpan pada sisi belakang headband-nya. Untuk ketersediaannya, Google tidak menyebut tanggal pastinya. Mereka hanya menyebut akan segera hadir di akhir tahun ini. Headset VR ini akan dibanderol pada kisaran harga Rp1,3 juta.

Google Clips

Google Clips adalah gadget yang Anda butuhkan jika menggilai kamera praktis berkemampuan spionase. Kamera mungil ini bisa Anda sematkan ke pakaian Anda untuk mengambil foto secara random mengandalkan software AR.

Google Clips akan mengambil foto ketika menurutnya tepat, ketika cahaya cukup dan frame sudah tepat. Anda tidak perlu melakukan apa-apa, tinggal menunggu dan menebak-nebak apa saja yang sudah dijepretnya.

Sayangnya, belum ada kepastian kapan kamera ini akan diluncurkan. Lagi pula, Anda harus menyiapkan kocek berkisar Rp3,3 juta untuk mendapatkannya.

Share
×
tekid
back to top