sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 25 Agst 2023 16:05 WIB

Deretan inovasi kamera smartphone Xiaomi, dari 108MP hingga kolaborasi dengan Leica

Berikut adalah sederet produk smartphone flagship Xiaomi yang menawarkan inovasi pada spesifikasi kameranya.

Deretan inovasi kamera smartphone Xiaomi, dari 108MP hingga kolaborasi dengan Leica

Seri Note dan angka smartphone Xiaomi memiliki portofolio kamera yang ditingkatkan setiap generasinya. Diawali oleh Mi Note 10 Series, ponsel menjadi yang pertama membawa kamera beresolusi tinggi 108MP dan konfigurasi lima kamera belakang.

"Xiaomi terus berupaya mendobrak batasan inovasi yang ada dalam mobile photography lewat kehadiran smartphone kelas flagship yang menawarkan kombinasi spesifikasi dapur pacu mumpuni dan teknologi kamera yang terbaru," tulis Xiaomi dalam laporannya baru-baru ini (25/8). 

Berikut adalah sederet produk smartphone flagship Xiaomi yang menawarkan spesifikasi kamera tidak biasa di pasaran.

  • Mi Note 10 Series - Smartphone 108MP dan penta-camera pertama di dunia

Mi Note 10 Series diperkenalkan secara global pada akhir tahun 2019. Varian Pro dari seri ini kemudian diluncurkan ke Indonesia pada Januari 2020 sebagai smartphone dengan kamera 108MP dan konfigurasi lima kamera pertama di dunia.

Kamera belakang Mi Note 10 Pro terdiri dari lensa 108MP wide-angle yang merupakan lensa Samsung ISOCELL Bright HMX, ultra-wide 20MP, dan 12MP kamera depth dengan 2x optical zoom. Hadir juga kamera telephoto 5MP dengan hybrid 10x serta makro 2MP.

  • Mi 11 Ultra - Predikat terbaik dari DxOMark setelah dirilis

Mi 11 Ultra merupakan perangkat pertama Xiaomi yang membawa spesifikasi kamera pro-grade dengan sensor terbesar yang ada di smartphone pada tahun 2021. Smartphone ini menggunakan sensor ISOCELL GN2 dengan ukuran 1/1.12 inci atau mendekati ukuran sensor 1 inci yang ada di kamera profesional .

Konfigurasi tiga kamera belakang Mi 11 Ultra terdiri dari sensor 50MP (wide), 48MP (periscope telephoto), dan 48MP (ultra-wide). Lensa periscope telephoto-nya mampu melakukan zoom hingga 120X.

Setelah dirilis, Mi 11 Ultra dinobatkan sebagai ponsel dengan kamera smartphone berpredikat terbaik, dengan skor 143 (per Maret 2021), oleh lembaga pengujian kamera DxOMark.

  • Xiaomi 12S Ultra - Sensor kamera 1 inci dan kolaborasi strategis dengan Leica 

Inovasi mobile photography Xiaomi memasuki babak baru dengan kehadiran Xiaomi 12S Ultra, produk hasil kolaborasi pertama dengan Leica, produsen kamera legendaris asal Jerman.

Kerja sama strategis Xiaomi dengan Leica yang diumumkan pada Mei 2022, mengusung desain Xiaomi 12S Ultra yang mirip dengan kamera saku dengan modul kamera bulat dan besar dengan tiga kamera belakang berlensa Leica Summicron.

Konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX 989 berukuran 1 inci, sementara dua kamera lain adalah ultra-wide 48MP dan telefoto 48MP.

  • Xiaomi 13 Series - Produk “co-engineered with Leica” yang mulai mendunia

Pada Februari 2023, Xiaomi menghadirkan Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro. Kedua produk flagship andalan Xiaomi tersebut menandai debut kolaborasi strategis dengan Leica di pasar global.

Xiaomi 13 Pro membawa tiga kamera belakang, dengan sensor 50MP Sony IMX989 yang dipasangkan dengan OIS, kamera telefoto 50MP dengan jangkauan zoom 3x, dan ultra-wide 50MP yang memiliki dukungan makro serta fungsi auto focus.

Sementara Xiaomi 13 memiliki konfigurasi yang sedikit berbeda dengan versi Pro, yakni kamera utama beresolusi 50MP (f/1.8) menggunakan sensor Sony IMX800, telefoto 10MP (f/2.0) dengan HyperOIS, ultra-wide 12MP (f/2.2) dengan OIS, serta software kamera dari Leica.

Melengkapi seri tersebut, Xiaomi juga merilis Xiaomi 13 Ultra yang mengusung kamera berkonfigurasi empat kamera beresolusi 50MP dengan optik dan lensa besutan Summicron Leica.

Smartphone ultra-premium ini menyasar peminat fotografi serius dengan sederet fitur khusus fotografi seperti variable aperture (f/1.8 dan f/4) pada lensa utama, mode Fast Shot, Director mode, 10-bit LOG video recording dengan dukungan LUT import, 14-bit Ultra RAW.

Share
×
tekid
back to top