Chipset Qualcomm Snapdragon dukung kamera 192 MP

Qualcomm diam-diam menyatakan bahwa chipset besutannya mendukung sistem kamera 192 MP. Namun ada beberapa parameter yang harus terpenuhi.

Chipset Qualcomm Snapdragon dukung kamera 192 MP Source: Google

Qualcomm diam-diam kedapatan memperbaharui laman spesifikasi chipset besutannya. Dalam pembaharuan tersebut, sektor kamera mendapat banyak pembaruan ketimbang sebelumnya. Bahkan beberapa chipset Qualcomm Snapdragon mendukung kamera beresolusi 192 MP.

Adapun sejumlah chipset Qualcomm yang mendukung pemotretan 192 MP adalah Qualcomm Snapdragon 670, Snapdragon 675, Snapdragon 710, Snapdragon 845 dan Snapdragon 855.


BACA JUGA

Damai dengan Apple, bos Qualcomm dapat bonus besar

Qualcomm perkenalkan prosesor khusus Smart Headset

Snapdragon 865 akan hadir dengan dua varian


Dilansir dari Android Authority (9/3), ada beberapa parameter yang harus terpenuhi untuk bisa mendapatkan kualitas foto 192 MP tersebut. Setidaknya, fitur Multi-Frame Noise Reduction (MFNR) dan Zero Shutter Lag (ZSL) harus dalam kondisi non-aktif.

Untuk diketahui, MFNR merupakan teknik yang berjalan di belakang sistem kamera. Ketika hendak mengambil sebuah gambar, kamera sebenarnya akan memotret beberapa foto. Kemudian foto tersebut ditumbuk menjadi satu untuk mengurangi noise sebanyak mungkin.

Sementara berkaitan dengan ZSL, ketika aplikasi kamera dibuka, sistemnya akan menjaga buffer frame. Saat shutter ditekan, satu frame akan diambil dari buffer tersebut. Cara ini akan membantu menghilangkan lag setelah mengambil foto. Biasanya SZL berjalan pada sensor 30 fps.

Salah satu parameter lain yang harus terpenuhi adalah, sebuah ponsel harus dibekali dengan kamera 192 MP. Sayangnya, hingga saat ini belum ada manufaktur yang berhasil membuat kamera tunggal 192 MP. Sejauh ini, sensor paling tinggi yang bisa ditemukan adalah kamera tunggal 48 MP.

Pembaharuan ini seolah mengonfirmasi spesifikasi yang dimiliki Redmi Note 7. Kendati mengadopsi chipset Snapdragon 660, smartphone ini sudah berbekal kamera 48 MP. Sebagaimana tertera dalam update Qualcomm, resolusi maksimal kamera tunggal Qualcomm Snapdragon 660 adalah 48 MP tanpa menggunakan MFNR dan ZSL.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: