sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 07 Des 2022 10:26 WIB

Chipset iPhone bakal dibuat di Amerika, bukan lagi Taiwan

Produk Apple selanjutnya akan menggunakan chipset yang diproduksi di pabrik manufaktur yang akan datang di Arizona.

Chipset iPhone bakal dibuat di Amerika, bukan lagi Taiwan

CEO Apple, Tim Cook mengonfirmasi chip Apple selanjutnya akan segera dibuat di Amerika. Dalam acara yang dihadiri Presiden AS, Joe Biden, di pabrik pembuatan chip TSMC yang akan datang di Arizona, Cook mengumumkan akan menggunakan chip dari pabrik tersebut untuk produk masa depannya. 

“Dan sekarang, berkat kerja keras banyak orang, chip ini bisa dengan bangga dicap Made in America,” kata Cook. “Ini adalah momen yang sangat penting.”

Pabrik chipset tersebut akan dimiliki dan dioperasikan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), perusahaan yang selama ini telah memproduksi prosesor untuk iPhone, iPad, dan Mac. Pabrik akan mampu memproduksi chip 4nm dan 3nm yang digunakan untuk prosesor canggih seperti Apple A-series dan M-series dan prosesor grafis Nvidia.

Namun, bukan rahasia umum lagi kalau perusahaan teknologi asal Cupertino itu selama ini bergantung dengan pabrikan TSMC di Taiwan. TSMC melakukan sebagian besar manufakturnya di Taiwan, yang menimbulkan pertanyaan dari anggota parlemen AS dan Eropa tentang pengamanan pasokan jika terjadi invasi Tiongkok atau masalah regional lainnya. 

Dikutip dari CNBC (7/12), TSMC mengatakan akan menghabiskan USD40 miliar untuk dua pabrik di Arizona. Pabrik pertama di Phoenix diperkirakan akan memproduksi chip pada tahun 2024. Pabrik kedua akan dibuka pada tahun 2026. 

Pabrik-pabrik ini sebagian akan disubsidi oleh pemerintah AS. Awal tahun ini, Biden menandatangani CHIPS dan Science Act menjadi undang-undang, yang mencakup insentif miliaran dolar bagi perusahaan yang membangun kemampuan manufaktur chip di AS.

Share
×
tekid
back to top