sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 01 Jul 2021 12:21 WIB

Cara upgrade ke iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8 versi beta

Apple akan merilis sistem operasi terbarunya pada September untuk perangkat berbasis iOS, iPadOS, dan WatchOS. Ini mungkin akan terlalu lama, bagi beberapa orang.

Cara upgrade ke iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8 versi beta

Apple akan merilis sistem operasi terbarunya pada September mendatang untuk perangkat berbasis iOS, iPadOS, dan WatchOS. Ini mungkin akan terlalu lama, bagi beberapa orang yang tidak sabar untuk segera menjajal sistem operasi terbaru itu di perangkatnya. Bagi Anda yang sudah tidak sabar, sebenarnya ada cara untuk dapat menjajal sistem operasi iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8 saat ini juga dengan mengunduh dan menginstal versi beta. .

Meski dapat diperbarui sekarang juga menggunakan versi beta, tapi menginstalnya akan memiliki risiko tertentu. Versi beta dari iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8 merupakan bagian dari pengembangan sistem operasi yang belum selesai. Jadi, terdapat beberapa kemungkinan pengguna mengalami kendala bug, aplikasi yang tidak bisa berjalan, dan yang terburuk mungkin dapat merusak perangkat.

Namun bagi Anda yang sudah sangat penasaran dan siap dengan risikonya, berikut cara untuk upgrade ke iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8 versi beta.

  • Pastikan kompatibiltas perangkat

Pertama, Anda perlu memeriksa apakah perangkat yang digunakan kompatibel untuk menggunakan sistem operasi terbaru versi beta ini. Untuk dapat upgrade ke iOS 15 versi beta, Anda memerlukan perangkat dengan seri minimal iPhone 6S atau setelahnya. Kemudian untuk iPadOS 15, Anda memerlukan perangkat dengan seri minimal iPad Mini 4 atau setelahnya, iPad Air 2 atau setelahnya, iPad generasi 5 atau setelahnya, iPad Pro 11 Inch generasi pertama atau setelahnya, iPad Pro 9.7 Inci, iPad Pro 10.5 Inci, serta iPad Pro 12.9 generasi pertama atau setelahnya.

Untuk dapat upgrade ke watchOS 8 versi beta, Anda memerlukan perangkat dengan seri minimal Apple Watch Series 3 atau setelahnya. Penggunaan watchOS 8 versi beta ini memerlukan iOS 15 versi beta juga agar dapat melakukan pairing antara Apple Watch dan iPhone. Jadi, Anda perlu meng-upgrade iPhone ke iOS 15 versi beta terlebih dahulu untuk bisa menggunakan watchOS 8 versi beta di Apple Watch.

  • Back Up seluruh data penting terlebih dahulu

Sebelum memulai instal sistem operasi terbaru versi beta, Anda perlu melakukan back up atau mencadangkan data yang tersimpan dalam perangkat. Proses ini penting untuk dilakukan mengingat risiko penggunaan sistem operasi yang belum sempurna masih terdapat beberapa kekurangan.

Seperti biasa, Anda dapat mencadangkan perangkat Apple melalui iCloud. Sejauh ini, pencadangan melalui iCloud adalah cara yang termudah. Selain iCloud, Anda juga dapat mencadangkan iPhone dan iPad Anda melalui Mac atau PC. Sementara itu, untuk Apple Watch akan secara otomatis menyimpan cadangan ke iPhone yang dipasangkan. Jadi pada dasarnya jika ingin mencadangkan data Apple Watch, Anda perlu membuat cadangan untuk iPhone terlebih dahulu, sehingga nantinya secara otomatis akan mencadangkan data dari Apple Watch yang sudah terpasang.

  • Bersiap untuk unduh, instal, dan perbarui

Setelah Anda memastikan data sudah tercadangkan dengan aman, sekarang saatnya untuk mengunduh sistem operasi versi beta. Anda dapat menuju ke situs web Apple Beta Software Program untuk mendapat file sistem operasi versi beta yang diinginkan. Sebelum memulai pengunduhan, Anda harus memastikan ID Apple sudah ada dalam situs web tersebut agar dapat mengakses sistem operasi versi beta.

Jika belum terdaftar, Anda perlu mendaftarkan ID Apple yang dimiliki terlebih dahulu dalam situs web tersebut. Setelah selesai melakukannya, Anda dapat mulai mengunduh profil konfigurasi dari sistem operasi versi beta ke perangkat dan menginstalnya. Setelah terinstal, Anda perlu menuju ke menu pengaturan > general > software update untuk memulai proses pembaruan sistem operasi versi beta.

Sekarang Anda sudah dapat menjajal sistem operasi terbaru dari Apple di perangkat Anda . Apabila proses unduh gagal, tak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang cukup normal. Anda hanya perlu mengulangi langkah untuk mengunduh.

Share
×
tekid
back to top