Bagaimana Oppo menarik perhatian sebelum Debat Pilpres 2019?

Penjualan perdana Oppo R17 pro bisa mencuri perhatian warganet yang seyogyanya tengah bersiap menunggu Debat Pilpres 2019 pertama berlangsung.

Ada yang menarik di Kamis sore (17/1) yang penting. Beberapa jam sebelum Debat Pilpres 2019 pertama, Oppo resmi menggelar penjualan perdana Oppo R17 Pro.

Sebuah keputusan yang sangat berani bagi Oppo, untuk memilih tanggal penjualan perdana, bertepatan dengan Debat Pilpres 2019 (17/1). Kendati begitu, sebenarnya Oppo sudah memegang kuncian.


BACA JUGA

Oppo A5S, baterai besar jadi andalan sehari-hari

Oppo F11 Pro versi Avengers jadi produk terbatas terbaru

Oppo kucurkan Rp20 miliar untuk kembangkan IoT


"Sebanyak 40 persen perangkat Oppo R17 Pro terjual pada sesi pemesanan selama 13 hari, dari 4-16 Januari kemarin," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing Komunikasi Erafone, selaku partner penjualan Oppo, memang mengakui kinerja penjualan Oppo R17 Pro ini cukup bagus.

"Sudah lama Oppo tidak main di harga hampir sepuluh jutaan. Respon konsumen cukup baik. Ini menandakan pangsa ponsel pintar premium di Indonesia cukup laku," ujarnya.

Di ranah online, topik pencarian dan pemberitaan mengenai penjualan Oppo R17 Pro pun cukup banyak peminatnya. Sampai Jumat (18/1) pukul 00.00 WIB, Oppo R17 Pro masih terus menjadi topik trending di urutan ke 11, dalam daftar populer pencarian Google Indonesia.

Pemberitaan Oppo R17 Pro memang terus bergulir sejak 11 Januari lalu. Trennya melonjak naik mulai 16 Januari dan cukup konstan hingga penjualan perdana 17 Januari 2019. Ini membuktikan, strategi pemasaran dan upaya komunikasi Oppo terbilang tepat. Padahal selain Oppo R17 Pro, di hari yang sama, Huawei Y7 Pro pun launching.

Pemberitaan Oppo jelangg debat pilpres 2019

Dugaan sementara, Huawei Y7 Pro nampaknya tidak berbarengan dengan strategi pemasaran dan komunikasi yang cukup baik. Otomatis berita Huawei Y7 Pro redup dan terkesan tidak mengantisipasi keriuhan Debat Pilpres 2019 pertama.

Tentunya hal ini perlu jadi catatan bagi vendor smartphone lain. Bahwasannya, momentum penting lain bisa dialihkan sejenak, dengan strategi pemasaran dan komunikasi yang tepat. Bahkan bisa mengalihkan sejenak momentum sekelas Debat Pilpres 2019.

Masih di sisi komunikasi, Sebagai tambahan, Brand Ambassador Oppo Indonesia seperti Raline Shah, Rio Motret, Morgan Oey, dan Robby Purba juga hadir. Maksudnya tentu untuk menambah ramai penjualan perdana Oppo R17 Pro.

Kehadiran selebritis papan atas dan influencer media sosial menambah atensi calon konsumen di tempat umum. Tidak ketinggalan strategi ini cukup mumpuni di media sosial juga. Dukungan influencer bakal mengalihkan sementara atensi warganet, yang tengah bersiap "olahraga jari" di platform media sosial masing-masing, kala menunggu Debat Pilpres 2019.

Sejauh pantauan Tek.id, tagar #OppoR17Pro jadi Trending Topic berbayar di platform Twitter, beberapa jam sebelum Debat Pilpres 2019 berlangsung. Bahkan @robbypurba selaku influencer Oppo Indonesia menjadi salah satu persona dengan implikasi tertinggi dalam mendorong tagar #OppoR17Pro, bersanding dengan akun-akun media online lainnya. Rio Motret juga tidak ketinggalan mengunggah postingan Oppo R17Pro di Instagramnya. Tentu harapannya, jutaan pengikut para influencer ini, teralihkan sejenak dari keriuhan media sosial yang siap terpusat di Debat Pilpres 2019.

Influencer Oppo Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

What a night in #R17ProDay! It's been a great ride with #OPPOR17Pro that makes taking beautiful shots at night become way easier. Thanks to the Night Mode with Smart Aperture f/1.5 & f/2.4 and AI Ultra-clear Engine which helps me a lot to eternize the beauty at night, just using a smartphone! The other greatness OPPO R17 Pro has is its SuperVOOC Flash Charge that can recharge your battery up to 40% in just 10 minutes. This is the future of charging technology. In addition, it has a glamour Radiant Mist color that shines every time. Let's #SeizeTheNight with @OPPOIndonesia only at Atrium Laguna, Central Park Mall, Jakarta on 17-20 January 2019

Sebuah kiriman dibagikan oleh Riomotret (@riomotret) pada

Total ada 1995 tweet yang berkicau tentang Oppo R17 Pro, Kamis (17/1). Potensi keterjangkauannya (potential reach) mencapai 9 juta di platform Twitter. Potensi yang sangat tinggi dan terhitung berani, mengingat ranah Twitter malam ini jadi ajang pertarungan sengit dua pendukung calon Presiden yang siap kontes. Di Instagram, tagar #OppoR17Pro berhasil meraup 14.328 postingan.

Keriuhan Oppo R17 Pro di Twitter memang sudah terjadi sejak pukul enam pagi. Garis merah jambu pada grafik di atas menunjukkan bahwa kontribusi konten Tweet yang cukup aktif. Aktivitas di Twitter ini memperlihatkan, cuitan memang datangnya dari akun organik. Indikasinya nampak dari grafik kontribusi konten dan retweet (garis berwarna jingga) yang cukup seimbang.

Hipotesanya, untuk mengetahui adanya aktivasi akun boot, grafik kontribusi konten (merah jambu) dan retweet (jingga) memiliki jarak yang sebanding.

Bagi Anda yang belum mengetahui sebelumnya tentang Oppo R17 Pro, ini adalah seri ponsel premium berkamera belakang ganda terbaru Oppo. Keunggulannya ada pada night mode. Oppo mengklaim kameranya mampu menangkap pemandangan malam hari dengan lebih baik. Ini karena dukungan dua kamera ganda yang memiliki fitur algoritma kecerdasan buatan (AI) di dalamnya. Di Oppo R17 Pro, Oppo juga kembali membawa fitur isi ulang cepat SuperVOOC yang cukup lama hilang di seri sebelum-sebelumnya, padahal penggemar mereka banyak yang merindukan fitur penting ini kembali.

Harga resmi Oppo R17 Pro Rp9,999,000 dengan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 710, RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: