sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 22 Mei 2024 14:03 WIB

Android 15 beta 2 permudah proses penambahan widget di layar beranda

Salah satu fitur unggulan dalam pembaruan ini adalah perubahan sederhana namun signifikan dalam cara pengguna menambahkan widget ke layar beranda.

Android 15 beta 2 permudah proses penambahan widget di layar beranda

Google terus melakukan penyempurnaan terhadap pengalaman pengguna dalam menggunakan widget di Android 15 melalui rilis beta keduanya. Pembaruan ini membawa berbagai peningkatan yang dirancang untuk membuat interaksi dengan widget menjadi lebih mudah dan intuitif.

Menurut laporan 9to5Google (22/5), salah satu fitur unggulan dalam pembaruan ini adalah perubahan sederhana namun signifikan dalam cara pengguna menambahkan widget ke layar beranda. Pada versi sebelumnya, menambahkan widget biasanya melibatkan proses mengetuk dan menyeret widget ke tempat yang diinginkan. Meskipun fungsional, metode ini terkadang merepotkan, terutama bagi pengguna yang kurang familiar dengan proses tersebut.

Di Android 15 Beta 2, tindakan ini disederhanakan dengan menghadirkan tombol "Tambahkan". Kini, saat pengguna mengetuk widget, mereka akan disuguhkan tombol ini, dan dengan satu ketukan sederhana, widget akan ditambahkan ke ruang kosong berikutnya di layar beranda.

Meskipun perubahan ini tampak kecil, dampaknya cukup signifikan terhadap kemudahan penggunaan. Fitur ini memudahkan baik pengguna berpengalaman maupun baru, membuat proses personalisasi layar beranda menjadi lebih mudah diakses.

Penyempurnaan di Beta 2 tidak berhenti sampai di situ. Android 15 juga membuat kemajuan dalam cara widget ditampilkan dan berinteraksi. Pengembang aplikasi kini dapat memanfaatkan kemampuan yang ditingkatkan untuk menghasilkan pratinjau widget dinamis dalam pemilih widget.

Pratinjau ini kini dapat menampilkan informasi yang dipersonalisasi sesuai dengan pengguna, memberikan representasi yang lebih akurat tentang bagaimana widget akan muncul di layar beranda mereka.

Pemilih widget itu sendiri juga telah diperbarui. Pengguna kini akan menemukan tata letak yang lebih terorganisir dengan kategori di bagian atas, termasuk "Esensial," "Disarankan untuk Anda," dan "Berita & majalah." Ini memudahkan pengguna untuk menemukan dan memilih widget yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Kami penasaran untuk melihat bagaimana pengalaman menambahkan widget ini akan terus berkembang seiring Android 15 bergerak melalui tahap-tahap beta dan akhirnya mencapai rilis stabil akhir tahun ini.

Share
×
tekid
back to top