sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 03 Okt 2023 18:14 WIB

Alasan Xiaomi tidak bawa Xiaomi 13T Pro ke Indonesia

Xiaomi Indonesia resmi meluncurkan Xiaomi 13T co-engineered with Leica, namun varian Pro dari seri tersebut tidak dibawa.

Alasan Xiaomi tidak bawa Xiaomi 13T Pro ke Indonesia

Xiaomi hari ini resmi memboyong Xiaomi 13T di Indonesia. Seperti diketahui, ponsel baru saja diluncurkan secara global pada 26 Oktober lalu. Namun, ada yang berbeda pada peluncuran kali ini karena absennya varian Pro dari seri tersebut.

Dalam peluncuran global yang digelar di Berlin, Jerman, Xiaomi memperkenalkan Xiaomi 13T Pro sebagai varian tertinggi dalam seri 13T. Kendati demikian, perbedaan antara kedua ponsel tidak terlalu signifikan, yaitu dari segi prosesor dan pengisian cepat.

Menurut Calvin Nobel selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Xiaomi 13T sudah membawa spesifikasi lengkap, khususnya kolaborassi dengan Leica yang menjadi keunggulan dari seri tersebut. Dia juga mengklaim, prosesor yang digunakan Xiaomi 13T lebih efisien dibanding yang diusung varian Pro.

"Perbedaannya adalah 13T menggunakan chipset yang lebih powerfull tapi juga efisien. Sama-sama powerfull, yang Dimensity 8200 ultra lebih efisien," ujar Calvin dalam konferensi pers peluncuran Xiaomi 13T di Indonesia, Selasa (3/10).

Xiaomi 13T ditenagai oleh prosesor 4nm dari MediaTek, yaitu Dimensity 8200 Ultra. Ini merupakan penerus dari chipset yang digunakan oleh Xiaomi 12T tahun lalu. Sementara itu, Xiaomi 13T Pro mengusung prosesor Dimensity 9200.

Klaim Dimensity 8200 Ultra lebih efisien daripada Dimensity 9200 mungkin dibedakan dari variasi "Ultra"-nya. Untuk diketahui, kata Ultra pada Dimensity 8200 menandakan campur tangan Xiaomi dalam pembuatan chipset tersebut. Perusahaan telah menyesuaikan chipset dengan teknologi yang ada di Xiaomi 13T.

Oleh sebab itu, masuk akal Xiaomi menyebut Dimensity 8200 Ultra lebih efisien daripada Dimensity 9200. Selain prosesor, perbedaan lainnya terletak pada kecepatan pengisian daya. Xiaomi 13T Pro dibekali pengisian daya 100W sedangkan Xiaomi 13T mendukung 67W.

Terlepas dari itu, Xiaomi menghadirkan fitur flagship pada Xiaomi 13T, seperti IP68 yang memungkinkan perangkat direndam selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter dan jaminan 4 tahun software update serta 5 tahun patch security. 

Sementara itu, Xiaomi menegaskan bahwa sistem kamera Leica pada Xiaomi 13T dan 13T Pro tidak berbeda sedikitpun. Keduanya juga sama-sama membawa konfirgurasi tiga kamera belakang: lensa utama wide 50MP, lensa telefoto 50MP, dan lensa ultra wide 12MP.  

Share
×
tekid
back to top