Adu spesifikasi Galaxy Note 10 dan iPhone XS Max

Jika secara fisiknya hampir sama, bagaimana dengan spesifikasinya? Berikut perbandingan spesifikasi Galaxy Note 10+ dan iPhone XS Max.

Adu spesifikasi Galaxy Note 10 dan iPhone XS Max (Foto: Cnet)

Samsung telah meresmikan flagship anyarnya Galaxy Note 10 dan Note 10+. Sebagaimana ciri khasnya, smartphone ini hadir dengan S Pen built-in, layar lega dan baterai besar. Namun kini ponsel berukuran besar tak lagi disandang Galaxy Note saja. Apple juga memiliki smartphone berlayar lega yakni iPhone XS Max yang menjadi ponsel andalannya saat ini. 

Ukuran iPhone XS Max bahkan lebih lebar ketimbang S10 Plus. Jika secara fisiknya hampir sama, bagaimana dengan spesifikasinya? Berikut perbandingan spesifikasi Galaxy Note 10+ dan iPhone XS Max.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Galaxy A70s bakal bawa kamera 64MP

Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus laris manis di Korea Selatan

Samsung Galaxy A10s resmi rilis di Indonesia


Desain dan tampilan

Dalam hal ukuran, Galaxy Note 10+ pemenangnya dengan bentang layar 6,8 inci. Flagship Samsung ini mengemas layar Amoled Infinity-O dengan resolusi 3040 x 1440. Artinya, layar ini memiliki 498 piksel per inci, yang merupakan kualitas sangat mumpuni sekelas smartphone.  

iPhone XS Max sendiri memiliki layar yang lebih kecil yakni 6,5 inci yang didukung jenis layar OLED. Soal jenis layarnya memang Note 10+, namun iPhone XS Max memiliki resolusi 2688 x 1242 yang mengakomodir 458 piksel per inci. Artinya, selisihnya tak begitu banyak meski ketajaman Note 10+ lebih bisa diandalkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10

Selain layarnya, tampilan Galaxy Note 10+ juga lebih besar dibanding iPhone XS Max. Bodi Note 10+ memiliki dimensi 162,3 x 77,2 x 7,9mm, disertai port USB-C serta S Pen. iPhone XS Max sendiri punya dimensi 157,5 x 77,4 x 7,7mm, namun bobotnya lebih berat sekitar 208 gram dibanding Note 10+ yang beratnya 196 gram. Desain iPhone XS Max juga terkenal karena menggunakan port Lightning Apple, bukan USB tipe-C. 

Persamaan keduanya adalah hadirnya dukungan Gorilla Glass dengan case logam yang menjadi standar ponsel premium saat ini.

Kamera

iPhone XS Max punya dua kamera belakang masing-masing beresolusi 12MP. Satu diantara sensornya berjenis wide dan sisanya berjenis telefoto yang digunakan untuk membidik objek jarak jauh. Lain halnya dengan Galaxy Note 10+ yang memiliki empat kamera belakang, termasuk sensor DepthVision Camera (mirip ToF) untuk mendeteksi kedalaman gambar. 

Untuk kamera depannya, Note 10+ resolusi 10MP yang lebih besar ketimbang iPhone XS Max dengan resolusi 7MP. 

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Note 10

Daya baterai

baterai kini menjadi fitur yang kerap diperhatikan oleh pengguna mengingat aktivitas mobile yang semakin meningkat. iPhone XS Max hanya memiliki daya baterai 3.714 mAh yang cukup kecil jika dibandingkan dengan ukuran layarnya. Dilansir Techradar (8/8), iPhone XS Max mampu bertahan sehari penuh jika digunakan dalam aktivitas ringan. Sementara jika aktivitas tebilang tinggi, diperlukan satu kali pengisian daya agar bertahan seharian.

Galaxy Note 10+ punya baterai 1.000 mAh lebih besar dibanding iPhone XS Max dengan kapasitas total 4.300 mAh. Keuntungan dari keduanya adalah dukungan wireless charging yang memungkinkan pengguna mengisi daya tanpa harus terhubung dengan kabel. Untuk diketahui, iPhone XS Max mendukung pengisian cepat hingga 15W, sementara Note 10 Plus hingga 45W,

Fitur

Galaxy Note 10+ ditenagai Snapdragon 855 untuk perangkat yang dijual di Amerika Serikat (AS) dan Exynos 9820 untuk wilayah lainnya. Sistem operasinya berjalan dengan Android 9 Pie yang dikombinasikan dengan Samsung UI. Pelanggan juga akan mendapatkan RAM 12GB jika meminang Galaxy Note 10+.

iPhone XS Max sendiri menggunakan chipset A12 Bionic dan sistem operasi iOS 12 yang dikombinasikan dengan RAM 4GB. Chipset dan sistem operasi kedua ponsel ini masih bisa dibilang setara, namun RAM iPhone XS Max lebih kecil. 

Kelebihan Galaxy Note 10+ lainnya yaitu kehadiran S pen yang berguna dalam berbagai fitur seperti untuk menggambar, mewarnai gambar atau mencoret dokumen hingga berkirim pesan khusus. 

Harga

Galaxy Note 10+ dijual mulai USD1.099 untuk model penyimpanan 256GB. Ponsel ini akan mulai hadir di pasaran pada 23 Agutus. Namun pelanggan bisa melakukan pre order mulai 7 Agustus di beberapa pasar. Soal harga, kini kedua flagship terbilang setara dimana iPhone XS Max dijual seharga USD1.099. Namun dengan harga tersebut, pelanggan hanya bisa mendapat penyimpanan internal 64GB di iPhone XS Max. Untuk penyimpanan 256GB sendiri, pelanggan harus merogoh kocek senilai USD1.249.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: