7 smartphone yang akan dirilis di 2019

Samsung, Apple, Huawei dan vendor smartphone lainnya tentu tak akan absen di tahun ini. Apa saja smartphone yang mereka siapkan untuk 2019?

7 smartphone yang akan dirilis di 2019 (Foto: Pixelz)

Sudah siap berganti smartphone di tahun baru? Atau sudah menantikan smartphone idaman yang akan rilis di 2019? Kesabaran Anda sebaiknya dipertahankan, mengingat tahun baru 2019 baru saja dimulai.

Sejumlah vendor smartphone memang sudah menyiapkan ponsel baru untuk pelanggannya. Tak ketinggalan, smartphone premium mereka juga akan unjuk diri di 2019, dengan sederet inovasi dan teknologi yang lebih canggih. Samsung, Apple, Huawei dan vendor smartphone lainnya tentu tak akan absen di tahun ini. 


BACA JUGA

Harga Redmi Note 7 di Indonesia lebih murah dari China

Sebaik apa aperture kamera Vivo V15 Pro?

Motorola dikabarkan akan pakai chipset Exynos buatan Samsung


Lantas apa saja smartphone yang akan dirilis di 2019? Berikut Tek.id rangkum 8 smartphone yang akan hadir di 2019.

Galaxy S10 dan Galaxy X

Galaxy S10 akan menjadi suksesor Galaxy S9 yang dirilis tahun lalu. Smartphone ini sebagaimana biasanya akan hadir dalam dua varian. Kabarnya Galaxy S10 dan S10 Plus akan dirilis Maret 2019. Perangkat ini disebut akan mengusung notch yang berbeda dari vendor lainnya. Ada kemungkinan duo Galaxy S10 akan menjadi ponsel pertama Samsung yang mengusung pemindai sidik jari di balik layar. 

Di tahun ini, Samsung juga akan merilis smartphone lipat yang rumornya disebut Galaxy X. Smartphone lipat ini dilaporkan akan meluncur pada pertengahan 2019. Prototipe dari perangkat ini telah terlihat di Samsung Developer Conference 2018.

Sebagai gambaran, Galaxy X akan berbentuk smartphone namun mampu dilipat dan dibentangkan hingga menjadi sebuah tablet. Bekat inovasinya yang canggih, kemungkinan smartphone lipat Samsung ini akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Prototipe smartphone lipat Samsung

Sony Xperia XZ4

Smartphone Sony memang tak segencar dulu pemasarannya. Namun bukan berarti vendor asal Jepang itu mundur dari bisnis smartphone. Di 2019, Sony akan memperkenalkan Xperia XZ4 dengan layar yang canggih. Tampilannya akan memiliki aspek rasio 21:9 tanpa lengkungan.

Dengan konsep itu, maka Xperia XZ4 akan menjadi ponsel yang paling sinematik kala diluncurkan. Pasalnya ukuran itu mendekati standar anamorphic, yaitu 2,39:1. Sebelumnya konsep ini sudah dirumorkan akan dirilis Sony pada 2017. Namun tak juga terbukti. Oleh karenanya konsep aspek rasio itu dikabarkan akan diadopsi di tahun ini.

Huawei P30 Pro

P20 Pro sudah dirilis Huawei di tahun lalu. Generasi selanjutnya dari ponsel tersebut kabarnya akan dirilis pada April 2019. Serupa dengan pendahulunya, Huawei P30 Pro juga masih akan mengedepankan fitur kamera sebagai andalannya. 

Laporan menyebutkan Huawei akan meningkatkan kamera P30 Pro. Kabarnya vendor smartphone asal China itu akan menggunakan sensor IMX607 Sony untuk kamera utamanya yang beresolusi 38 megapiksel. 

Huawei P20 Pro

Namun konsekuensinya, smarthpone itu akan kesulitan meningkatkan kualitas gambar saat cahaya minim. Padahal kemampuan itu sudah terbilang bagus pada P20 Pro. Di P30 Pro, pengguna nantinya akan mendapati kecepatan perubahan kualitas gambar yang drastis. 

Xiaomi Mi 9

Setelah mendapati kesuksesan di China dan India, Xiaomi mulai memperluas pasarnya ke barat. Pada 2018, perusahaan besutan Lei Jun itu memulai debut di Inggris. Mi 9 sendiri akan menjadi smartphone andalan Xiaomi di tahun ini. Selain layarnya yang lega, pelanggan juga bisa mengharapkan harga yang lebih terjangkau ketimbang Apple atau Samsung.

Mi 8 Pro

iPhone 11 dan 11 Max

Seperti jadwal biasanya, kedua iPhone ini diprediksi akan menunjukkan diri ke publik pada September mendatang. Belum jelas apa yang akan menjadi teknologi baru dari iPhone generasi mendatang tersebut. Kabarnya Apple kemungkinan membawa modul kamera pop-up, layar TouchBar hingga stylus layaknya iPad Pro.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: