Truk listrik saingan Tesl Semi siap meluncur

Kendaraan listrik saat ini makin beragam dengan hadirnya Lion8, sebuah truk kelas berat yang hadir dengan baterai modular hingga 480 kWh.

Truk listrik saingan Tesl Semi siap meluncur Source: Electrek

Kendaraan listrik bukan hanya seputar kendaraan futuristik macam Tesla dan manufaktur lainnya. Atau sepeda motor yang memanfaatkan tenaga baterai untuk dapat melaju. Kendaraan listrik nyatanya dapat juga berupa truk pengangkut dengan ukuran besar.

Tesla sendri sudah memiliki truk bertenaga listrik. Truk buatan Tesla tersebut bernama Tesla Semi. Selain Tesla, perusahaan asal Quebec bernama Lion Electric Co. berhasil membangun truk bertenaga listrik. Dilansir dari laman Electrek (13/3), truk besutan Lion ini termasuk dalam kategori truk kelas berat dengan bobot sekitar 11 ton.


BACA JUGA

Teknologi mobil hidrogen kian mutakhir

Taksi listrik di Norwegia dukung wireless charging

Ford kian serius garap mobil listrik, tambah investasi Rp12 triliun


Untuk diketahui, Lion electric Co. sebenarnya merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi bus sekolah bertenaga listrik. Namun belakangan ini, Lion mulai menjajal pasar komersial dengan memperkenalkan Lion8, truk kelas 8, sesuai dengan standar Gross Vehicle Weight Rating (GVWR).

Di sektor daya, truk Lion8 hadir dengan baterai modular G Chem lithium-ion. Nah, baterai ini dapat ditumpuk hingga kapasitas 480 kWh. Tak hanya itu, baterainya mendukung fitur pengiriman cepat 100 kW. Torsi maksimalnya bisa mencapai 3.500 Nm. Lion8 diklaim dapat melaju sampai jarak 400 km.

Lion belum mengumumkan berapa harga yang akan diberikan untuk truk Lion8 ini. Namun diperkirakan harganya akan berada di atas truk bermesin diesel, tanpa biaya bahan bakar. Namun jika dipertimbangkan dengan biaya konsumsi bahan bakar, harga Lion8 bakal menjadi lebih murah ketimbang truk bermesin diesel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: