sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Minggu, 29 Okt 2023 07:37 WIB

Begini cara teknologi V2X hubungkan komunikasi antara mobil dan sepeda

Teknologi V2X menawarkan solusi sederhana tetapi andal: memungkinkan mobil dan sepeda “berbicara” satu sama lain.

Begini cara teknologi V2X hubungkan komunikasi antara mobil dan sepeda

Sejujurnya, kemunculan sepeda listrik telah mengantarkan era baru kemajuan dan pencapaian teknologi. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan pilihan transportasi alternatif, perhatian semakin tertuju pada jaminan keselamatan semua pengguna jalan. Witness V2X – teknologi komunikasi kendaraan-ke-kendaraan revolusioner yang bertujuan untuk mendefinisikan ulang standar keselamatan jalan raya.

Dilansir dari Gizmochina (29/10), intinya V2X menawarkan solusi sederhana tetapi andal: memungkinkan mobil dan sepeda “berbicara” satu sama lain. Bayangkan pengendara sepeda menuju persimpangan dan menerima pemberitahuan di layar sepeda atau ponsel cerdas pengguna seputar adanya mobil yang mendekat.

Secara bersamaan, pengemudi mobil menerima peringatan tentang kehadiran pengendara sepeda, bahkan sebelum ia berhadapan dengan mereka. Sistem komunikasi dua arah ini bertujuan untuk secara drastis mengurangi kemungkinan tabrakan.

Namun, jalan untuk mencapai visi ini bukanlah sebuah perjalanan tunggal. Kolaborasi luar biasa terjadi di balik layar, dengan 19 pemain kunci dari sektor otomotif, sepeda, dan teknologi bergabung. Nama-nama terkemuka seperti Bosch, Shimano, Trek, dan Audi berada di garis depan inisiatif ini, menggarisbawahi komitmen kolektif untuk meningkatkan keselamatan jalan raya.

Pentingnya kolaborasi ini ditegaskan oleh statistik serius dari Bosch, yang menyoroti lebih dari 130.000 cedera terkait bersepeda di AS setiap tahunnya. Untuk mengatasi tantangan ini, Koalisi untuk Keselamatan Pengendara Sepeda telah menetapkan tujuan untuk memperkenalkan teknologi yang terhubung dengan Pengguna Jalan Rentan (VRU). Merek seperti Audi, Bosch, dan Shimano memandang hal ini sebagai terobosan potensial dalam menyelamatkan nyawa.

Ke depannya, Audi membayangkan masa depan dimana sebanyak 5,3 juta kendaraan di AS akan dilengkapi dengan V2X pada tahun 2025. Cakupan teknologi ini akan diperluas lebih lanjut, mencakup komunikasi dengan penyeberangan pejalan kaki, zona sekolah, dan bahkan bus pada tahun 2030.

Menurut Claus Fleischer, CEO Bosch eBike Systems, kesuksesan V2X bergantung pada pendekatan terpadu. Ia menekankan perlunya kolaborasi lintas industri untuk memastikan bahwa semua pengguna jalan dapat memperoleh manfaat dari teknologi transformatif ini.

Share
×
tekid
back to top