sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 03 Mei 2023 10:10 WIB

Teknologi OLED bisa deteksi medan magnet via ponsel atau TV

Teknologi OLED dapat mengubah ponsel dan TV menjadi sensor kuantum portabel sehingga dapat mendeteksi medan magnet.

Teknologi OLED bisa deteksi medan magnet via ponsel atau TV

Ponsel, komputer, dan TV semuanya memiliki satu fitur yang sama: mereka memiliki layar, dan interaksi pengguna terjadi melalui layarnya. Oleh karena itu, teknologi panel yang digunakan pada perangkat kita cukup penting.

Tidak diragukan lagi, salah satu teknologi panel terbaik yang tersedia saat ini adalah OLED. Tipis, efisien, dan sangat canggih, teknologi ini biasanya digunakan di perangkat premium mutakhir. Namun, tampaknya ini bukan satu-satunya keunggulan OLED. Ilmuwan di Australia mengklaim bahwa OLED di ponsel dan TV kita suatu hari nanti dapat digunakan sebagai sensor kuantum portabel untuk menggambarkan medan magnet.

Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa banyak dari kita telah menggunakan teknologi OLED dengan satu atau lain cara di beberapa titik dalam kehidupan sehari-hari. Karena jenis panel ini semakin terjangkau dan tersebar luas, para peneliti telah menciptakan struktur perangkat yang memungkinkan pengukuran medan magnet baik secara elektronik maupun optik tanpa memerlukan laser.

Rugang Geng, penulis utama studi ini, menjelaskan bahwa menggabungkan sepotong kecil elektronik gelombang mikro dengan OLED memungkinkannya berfungsi tidak hanya sebagai layar dan sumber cahaya tetapi juga sebagai sensor kuantum dan pencitra medan magnet.

“Jika teknologi ini dikembangkan dengan baik, orang dapat dengan mudah menggunakan ponsel mereka untuk memetakan medan magnet di sekitar mereka, misalnya untuk menemukan cacat pada berlian atau perhiasan. Ini juga memiliki aplikasi di industri, seperti menemukan cacat pada bahan konstruksi atau sebagai sensor biomedis”, kata Geng sebagaimana dilansir dari Gizmochina.

Studi tersebut menampilkan potensi sensor medan magnet berbasis OLED skala kecil dan pendekatan baru untuk pemetaan medan magnet menggunakan teknologi yang layak secara komersial dan mudah diproduksi.

Share
×
tekid
back to top