sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Rabu, 17 Okt 2018 17:27 WIB

Robot terbaru Boston Dynamics bisa menari ala Bruno Mars

Dalam demo yang diumbar oleh Boston Dynamics di YouTube, robot terbarunya diprogram untuk mampu menari.

Robot terbaru Boston Dynamics bisa menari ala Bruno Mars
(Foto: Boston)

Boston Dynamics dikenal dengan berbagai robotnya yang mampu berjalan, berlari, membawa benda hingga membuka pintu. Kini perusahaan itu juga merancang dan menunjukkan robot yang mampu menari. Dalam demo yang diumbar oleh Boston Dynamics di YouTube, robot terbarunya diprogram untuk mampu menari dengan alunan musik "Uptown Funk" dari Bruno Mars, yang menjadi hits di 2014.

Robot yang disebut SpotMini itu memulai gerakan dengan hanya sedikit gerakan kepala dan badan. Namun tak lama kemudian kaki robot itu mulai mengayun seraya mengikuti hentakan musik. Gerakannya bahkan terlihat lincah, tak begitu kaku sebagaimana robot biasanya.

Pada dasarnya robot itu bisa menggerakkan bagian-bagiannya dengan lincah, bahkan lebih baik ketimbang manusia yang tak bisa menari. Gerakan tariannya pun disamakan dengan gerakan yang digunakan Bruno Mars dalam video klip lagu itu.

Video yang diunggah hanya berdurasi satu menit, meski lagu yang sebenarnya memiliki durasi hingga empat menit. Kemungkinan pengembang mengalami kesulitan untuk memprogram robot agar mampu menari di sepanjang lagu. Namun jika robot itu benar-benar bisa melakukannya, maka Boston Dynamics akan segera mempublikasikannya.

Dilansir Extreme Tech (17/10), SpotMini akan mulai dijual tahun depan. Ini menandai pertama kalinya dalam 26 tahun, Boston Dynamics menjual sebuah produk. Pasalnya, sebelumnya Boston Dynamics hanya mengerjakan robot hasil kerjasama dengan instansi pemerintah. 

Saat ini perusahaan tengah mengerjakan 100 SpotMini di tahap pertama yang akan dijual pada 2019. Sayangnya Boston Dynamics belum mengumumkan harga yang dipatok untuk robot yang mampu menari tersebut. Perusahaan tampaknya menilai SpotMini ideal untuk keperluan industri, keamanan, dan pemeliharaan.

Robot SpotMini sendiri merupakan versi terbaru dari Spot yang asli. Sebagai informasi, robot Spot memiliki kemampuan untuk berlari, namun dalam posisi yang tetap berdiri, bahkan ketika melakukan tendangan. 

Share
×
tekid
back to top