sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Selasa, 03 Agst 2021 10:25 WIB

Robot ini bisa bersihkan pantai dengan andalkan tenaga surya

Alat ini menggali hingga 10 cm ke dalam pasir dan secara mekanis menyaring biji-bijian melalui saringan khusus untuk mengumpulkan potongan-potongan plastik dan puing-puing lainnya.

Robot ini bisa bersihkan pantai dengan andalkan tenaga surya

Terlepas dari upaya orang-orang baik hati yang menyapu pantai untuk sampah yang ditinggalkan orang lain, begitu besarnya masalah polusi plastik kita sehingga sulit untuk mengumpulkan semuanya, terutama puing-puing yang berukuran kecil. BeBot adalah robot yang dirancang untuk mengatasi masalah ini. Secara mekanis ia menyaring pasir untuk mengumpulkan sampah demi kebersihan lingkungan.

BeBot dikembangkan oleh produsen insfrastruktur kelauatan Poralu marine dan 4ocean sebagai cara membersihkan garis pantai dengan minim gangguan tehadap ekosistem berharga. Meski upaya manual manusia pasti dapat mengambil sampah dalam jumlah yang berarti, itu adalah pekerjaan padat karya. Di sisi lain, traktor dan mesin tugas berat lainnya, dapat menutupi lebih banyak tanah, tetapi dapat menghancurkan flora dan fauna atau menyebabkan erosi lanskap.

Dilansir dari New Atlas (8/3), BeBot dirancang untuk mengambil pendekatan yang lebih bijaksana. Robot listrik ini berjalan dengan kombinasi tenaga surya dan baterai, serta dikendalikan dari jarak jauh oleh operator hingga 300 meter.

Alat ini menggali hingga 10 cm ke dalam pasir dan secara mekanis menyaring biji-bijian melalui saringan khusus untuk mengumpulkan potongan-potongan plastik dan puing-puing lainnya hingga sekecil 1 cm persegi, seperti puntung rokok, pembungkus makanan, dan tutup botol.

Robot ini tampaknya dapat membersihkan hingga 3.000 meter persegi pantai per jam, tergantung pada keadaan topografi masing-masing pantai. Ini juga dilengkapi dengan sistem lintasan gesit yang memungkinkannya berputar di tempat, agar dapat berfungsi di area sempit. Untuk saat ini robot sedang diuji oleh 4ocean di pantai Florida.

Share
×
img
×
tekid
back to top