sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 15 Feb 2020 12:18 WIB

Robot anjing Spot akan digunakan di pengeboran minyak

Perusahaan minyak Aker BP dan perusahaan software AI Cognite telah melakukan kerja sama untuk mengumumkan rencana menggunakan robot Spot.

Robot anjing Spot akan digunakan di pengeboran minyak
Source: Boston Dynamics

Lokasi pengeboran minyak di masa mendatang kemungkinan akan dilengkapi dengan beberapa anjing robot yang dapat berlari guna menyelesaikan tugas-tugas penting. Anjing robot ini berasal dari perusahaan Boston Dynamics yang bernama Spot.

Dilansir dari Interesting Engineering (15/1), robot tersebut akan menjadi bagian dari tim pekerja di pengeboran minyak. Mengingat betapa bahayanya lokasi pengeboran hasil Bumi, kemungkinan besar otomatisasi merupakan opsi yang paling logis dan paling aman untuk melakukan pekerjaan.

Perusahaan minyak Aker BP dan perusahaan software AI Cognite telah melakukan kerja sama untuk mengumumkan rencana menggunakan robot Spot agar dapat menguji sejumlah robot dan drone berbeda pada instalasi Aker BP di Skarv.

Skarv sendiri adalah lokasi pengeboran migas di Laut Norwegia sejak 2013 dan akan menjadi tempat pengujian yang baik untuk metode operasi baru yang berpotensial tersebut. Robot Spot sudah diuji dalam lingkungan minyak dan gas yang disimulasikan di mana ia terbukti bekerja dengan baik.

Kini rencananya adalah agar Spot naik ke Skarv untuk melihat bagaimana fungsinya di lingkungan itu. Pengujian pada kemampuannya untuk menjalankan inspeksi, menghasilkan laporan, dan mengawasi kebocoran hidrokarbon akan diamati.

“Visi kami adalah mendigitalkan semua operasi kami untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas, dan meningkatkan keselamatan karyawan kami. Menjelajahi potensi robotika lepas pantai mendukung perjalanan digital kami,” kata CEO Aker BP, Karl Johnny Hersvik.

Ini bukanlah pertama kalinya Spot digunakan di dunia nyata. polisi Negara Bagian Massachussets memeriksa kemampuan Spot tahun lalu untuk mengetahui apakah robot bisa berfungsi dengan baik bersama kepolisian. Masalah terbesar mengenai tes ini adalah potensi kekerasan robot terhadap manusia.

Share
back to top