Robot AI ini punya wajah dan ekspresi

Robot tersebut menggunakan sistem proyeksi untuk menampilkan wajah ke layar berbentuk kepala. Ia telah diprogram dengan berbagai animasi yang memproyeksikan ekspresi wajah yang dikenal.

Robot AI ini punya wajah dan ekspresi Source: Furhat Robotics

Perusahaan startup teknologi asal Stockholm, Furhat Robotics, akan menambahkan wajah kepada robot AI sehingga kita dapat melihat ekspresinya saat sedang berbicara kepadanya. Dilansir dari Engadget (6/11), robot ini mampu menampilkan ekspresi emosi layaknya manusia.

Robot tersebut menggunakan sistem proyeksi untuk menampilkan wajah ke layar berbentuk kepala. Ia telah diprogram dengan berbagai animasi yang memproyeksikan ekspresi wajah. Menurut perusahaan tersebut, Furhat dapat berbicara, mendengarkan, dan bereaksi.


BACA JUGA

Peneliti ungkap AI dapat membuat tiruan sidik jari

Eropa bakal gunakan AI pendeteksi kebohongan di bagian imigrasi

Honda kembangkan AI yang bisa penasaran


Furhat juga sepenuhnya dapat disesuaikan. Pengguna dapat mengubah wajah yang ditampilkan, jenis ekspresi yang digunakan, dan suara yang digunakan. Sebuah survei tahun 2016 yang dilakukan oleh Creative Strategies menemukan bahwa 20 persen orang yang tidak menggunakan asisten digital beralasan karena merasa tidak nyaman berbicara kepada AI.

Para peneliti memposisikan robot ini terutama untuk bisnis dan organisasi. Perusahaan robotika tersebut menginformasikan Furhat dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan, melatih karyawan atau mengajar bahasa. Furhat Robotics sudah bekerja dengan perusahaan seperti Disney, Merck dan Honda untuk menemukan penerapan robot penemuannya di area tersebut.

Berbicara kepada robot AI memang terasa canggung. Sebab semutakhir apapun robot tersebut, sebagian orang akan merasa berbicara kepada benda tidak hidup, atau bahkan ada orang yang merasa berbicara sendiri.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: