sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 27 Jun 2020 09:49 WIB

Radar bisa bantu mobil deteksi kendaraan lain di blind spot

Teknologi radar memungkinkan sensor yang ditanam di mobil dapat mendeteksi berbagai kendaraan yang datang dari titik buta, misalnya di persimpangan jalan yang sempit.

Radar bisa bantu mobil deteksi kendaraan lain di blind spot
Source: Princeston University

Teknologi otomotif saat ini sudah berkembang dengan cukup pesat. Sebuah mobil dapat memindai area sekitarnya untuk mengetahui berbagai kendaraan di sekitarnya. Namun sampai saat ini, mobil dengan kemampuan paling pintar saat ini masih memiliki titik buta, misalnya di persimpangan yang sempit. Seiring waktu, dengan pengembangan teknologi radar baru, hal itu bisa diatasi. 

Sekelompok peneliti dari Universitas Princeton berhasil mengembangkan teknologi radar untuk mengatasi masalah tersebut. Unit radar bernama Dopler itu dipasangkan pada bagian depan kendaraan. Nantinya unit tersebut akan memancarkan gelombang radio yang dapat memantul untuk menjangkau area titik buta. 

Nantinya, gelombang radar tersebut akan memantul kembali jika mengenai sesuatu yang mendekati persimpangan tersebut. Sebuah sensor yang ditempatkan di kendaraan akan mendeteksi apa saja yang memantulkan gelombang tersebut. Tidak hanya itu, sensor tersebut juga dapat menganalisa kecepatan dan arah objek dengan mengandalkan AI. 

Dalam purwarupa yang sudah ada, teknologi ini sudah dioptimasi untuk mendeteksi pengendara sepeda dan pejalan kaki. Pasalnya, ukuran yang kecil dan bentuk yang beragam bisa menyulitkan sistem radar biasa untuk mendeteksi mereka. Teknologi ini juga diklaim mampu mendeteksi pengendara sepeda motor dengan cukup mudah. 

Dilansir dari NewAtlas (27/6), saat ini sebenarnya sudah ada teknologi dengan fungsi serupa namun dengan mengandalkan laser. Sayangnya teknologi laser itu lebih banyak membutuhkan daya ketimbang radar. Tidak hanya itu, cahaya matahari bisa menyulitkan sensor untuk mendeteksi sinar laser yang memantul. 

Share
×
img
×
tekid
back to top