Penjelasan Machine Learning buat mereka yang enggak peduli

Topik machine learning saat ini tengah gencar-gencarnya. Kendati begitu isu machine learning ini biasanya cuma jadi konsumsi para penggila IT.

Penjelasan Machine Learning buat mereka yang enggak peduli

Machine Learning, mungkin bagi sebagian pembaca Tek.id masih asing, sebagian lagi mungkin telah mengikuti perkembangannya. Terutama bagi mereka yang antusias dengan perkembangan teknologi termutakhir. Sayangnya, mereka yang tidak terlalu peduli, biasanya hanya menerima hasil dari pemanfaatan Machine Learning ini di kehidupan sehari-hari.

Mengutip Greg Lamp, Co-Founder Yath, startup yang bergerak di bidang data science, berbagi pengetahuannya yang komprehensif di bidang Machine Learning.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

McDonald’s akan layani pelanggan lewat teknologi AI

Peneliti ciptakan AI untuk teknologi pengenalan wajah simpanse

AI proaktif milik LG akan tersedia tahun ini


Panduan ini biar kamu enggak garing di pergaulan sosial. Setidaknya, membuat kamu cair di pergaulan anak-anak startup di Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Sekarang ini anak muda kalau enggak ngomongin startup, ke mana aja bro!

Ok, mari kita bahas definisi Machine Learning dulu. Mesin ini adalah komputer yang memanfaatkan data, untuk mendeteksi pola-pola tertentu. Semua kegiatan kita ada polanya loh Sahabat Tek. Dari jam berapa kita bangun pagi, berapa menit kita menyeduh kopi, jam berapa kita berangkat ke kantor, sampai pulang dan tidur lagi.

Demi menentukan pola teratur yang terlihat acak ini, ada dua konsep yang digunakan. Pertama, menggunakan statistik dan matematika. Kedua mengoptimalkan proses yang sudah terpola atau melatih dan mengembangkan pola tersebut. Misalnya saja mengoptimalkan pola keseharian kita seperti, bangun lebih pagi, menyeduh kopi lebih efisien, kemudian sampai akhirnya pulang tepat waktu dan istirahat yang cukup.

Di era sekarang ini, mesin-mesin yang tergolong Machine Learning telah berkembang menjadi lebih cepat, lebih murah, an lebih mudah kita baca dan analisa. Ada tiga platform machine learning terbuka yang bisa kita pelajari saat ini, scikit-learn, tensorflow, dan R-Project.

Cara kerjanya

Machine Learning memiliki algoritma, atau perhitungan untuk mendeteksi pola. Cara kerjanya sederhana, mereka mengambil data input, kemudian memproduksi saripati data. Saripati ini lalu bisa kita gunakan untuk memprediksi pola yang bakal terjadi selanjutnya.

Kenapa Machine Learning saat ini jadi isu penting? Well, perlu kamu ketahui, data merupakan aliran darah bagi setiap bisnis. Keputusan bisnis yang diambil menggunakan basis data, akan memberikan dampak signifikan, terutama dalam memenangkan persaingan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: