sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 05 Mar 2024 14:09 WIB

Nikon dan NASA berkolaborasi bikin kamera mirrorless khusus untuk Mission Artemis III

NASA dan Nikon memperkenalkan terobosan terbaru mereka dalam dunia fotografi luar angkasa dengan merilis kamera mirrorless yang dirancang khusus untuk untuk Mission Artemis III.

 Nikon dan NASA berkolaborasi bikin kamera mirrorless khusus untuk Mission Artemis III
Sumber: NASA

NASA dan Nikon memperkenalkan terobosan terbaru mereka dalam dunia fotografi luar angkasa dengan merilis kamera mirrorless yang dirancang khusus untuk memotret di permukaan bulan. Kamera revolusioner ini, diberi nama Handheld Universal Lunar Camera (HULC), adalah hasil kolaborasi antara lembaga antariksa AS dan pabrikan kamera Jepang yang telah lama malang melintang di ruang angkasa.

Dilansir dari nasa (5/3), HUCL dikembangkan sebagai bagian dari misi Artemis III yang akan mengantarkan astronot kembali ke bulan, HULC didasarkan pada kamera mirrorless full-frame terkini dari Nikon, yaitu Z9. Namun, Z9 mengalami modifikasi khusus, termasuk custom grip dan tombol tambahan agar mudah dioperasikan oleh astronot yang mengenakan sarung tangan luar angkasa.

Salah satu tantangan utama dalam pengembangan kamera ini adalah kondisi ekstrem di permukaan bulan. HULC dan lensanya dilengkapi dengan thermal blanket khusus yang melindungi perangkat dari debu dan temperatur ekstrim. Komponen elektroniknya juga dibekali perlindungan tambahan untuk meminimalisasi gangguan dari radiasi kosmis yang dapat merusak sistem.

Dalam pernyataan resminya, Nikon mengungkapkan bahwa permukaan bulan sangat keras bagi kamera digital modern. "Permukaannya mengalami fluktuasi suhu sangat besar, dan dibombardir radiasi kosmis secara konstan yang bisa merusak komponen elektronik."

Kerja sama erat antara tim insinyur Nikon dan NASA menjadi kunci sukses dalam mengatasi tantangan tersebut. Proses pengembangan melibatkan serangkaian pengujian dan simulasi ekstensif, memastikan bahwa kamera ini dapat beroperasi dengan optimal di jarak 383.000 kilometer dari Bumi.

Sejarah panjang Nikon dalam menyediakan perangkat untuk NASA mencakup pengiriman kamera film Nikon Photomic FTN pada misi Apollo 15 tahun 1971. Kini, kamera mirrorless Z9 yang belum dimodifikasi telah dikirim ke International Space Station sebagai bagian dari langkah terbaru untuk menggantikan kamera-kamera DSLR Nikon yang telah digunakan sejak 2017.

Dengan hadirnya kamera mirrorless Nikon di misi Artemis III, astronot NASA akan dapat memotret dan merekam video di bulan dengan satu perangkat. Misi ini bertujuan mendaratkan astronot di bulan untuk pertama kalinya dalam 50 tahun, dengan Artemis III dijadwalkan meluncur paling cepat pada September 2026. Inilah langkah besar dalam menyaksikan perkembangan teknologi fotografi yang tak hanya mencakup dunia kita, tetapi juga menggali keindahan luar angkasa.

Share
×
tekid
back to top