MIT ciptakan robot mirip Microbot dalam film Big Hero 6

Setiap modul dapat bergerak ke 24 arah yang berbeda, sehingga mudah bagi mereka untuk menghindari tabrakan dan rintangan yang jelas.

MIT ciptakan robot mirip Microbot dalam film Big Hero 6 Source: MIT via Engadget

Massachussetts Institute of Technology (MIT) menciptakan robot seperti dadu bernama M-Block. Meski bentuknya terlihat biasa saja, atau bahkan aneh untuk ukuran robot, M-Block diinformasikan dapat melakukan beberapa trik mengesankan seperti melompat, memanjat, dan bergabung satu sama lain menjadi struktur yang lebih besar.

Dilansir dari Engadget (30/10), keterampilan itu suatu hari bisa membantu mereka menyusun diri menjadi tangga untuk menyelamatkan korban yang terjebak di sebuah gedung.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Robot ini bisa bermain dengan kucing

Kafe milik Softbank akan dilengkapi pelayan robot

Polisi di Massachusetts manfaatkan robot anjing


Setiap M-Block berisi flywheel (roda gaya) yang berputar pada kecepatan 20.000 rpm, bersama dengan magnet permanen di setiap tepi dan bagian depan. Mekanisme ini memungkinkan robot melompat, merangkak, dan berputar menggunakan memontum sudut, lalu menempel pada M-Block lainnya dengan mengandalkan magnet. Dengan demikian, meskipun tampak sederhana, mereka dapat bersatu untuk membentuk struktur dan melakukan tugas, mirip Microbot dalam film Big Hero 6.

“Sistem robot lainnya memiliki mekanisme pergerakan yang jauh lebih rumit yang memerlukan banyak langkah, tetapi sistem kami lebih terukur dan hemat biaya. Hal unik tentang pendekatan kami adalah tidak mahal, kuat, dan berpotensi lebih mudah untuk ditingkatkan menjadi satu juta modul,” kata penulis utama makalah, Romanishin.

Setiap modul dapat bergerak hingga 24 arah yang berbeda dan tanpa ada bagian yang menonjol, sehingga mudah bagi mereka untuk menghindari tabrakan dan rintangan yang jelas. Hal yang baru lagi adalah bahwa robot kini dapat berkomunikasi satu sama lain melalui barcode, yang lebih dapat diandalkan ketimbang cahaya inframerah atau gelombang radio, terutama dengan banyak blok di tempat yang sama.

Dalam satu percobaan, para peneliti ingin melihat apakah robot bisa berubah menjadi garis lurus dari struktur acak. Agar dapat melakukannya, pertama-tama mereka harus menentukan bagaimana caranya terhubung, kemudian memutuskan bagaimana untuk pindah ke jalur tersebut. Pada akhirnya, hampir semua mampu melakukannya.

Untuk sementara, 16 blok hanya dapat melakukan hal-hal sederhana seperti mengikuti lampu, membentuk garis atau mengikuti panah. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan jumlah blok, membuat kawanan yang lebih besar yang dapat berkumpul menjadi struktur yang lebih kompleks dengan kemampuan yang ditingkatkan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: