sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
Senin, 12 Okt 2020 10:03 WIB

Lapisan tipis ini bisa menjaga smartphone tetap dingin

Lembaran grafit mungkin sangat tipis, tetapi memiliki fungsi vital untuk menjaga peralatan elektronik, termasuk smartphone untuk tetap dingin.

Lapisan tipis ini bisa menjaga smartphone tetap dingin
Source: New Atlas

Sebuah teknologi baru diklaim dapat menjaga peralatan elektronik untuk tetap dingin. Menariknya, material yang digunakan memiliki dimensi yang sangat tipis dan akan hadir dalam bentuk lapisan di perangkat elektronik tersebut, termasuk smartphone. Material yang dikembangkan tersebut bernama lapisan Grafit. 

Sebagaimana diketahui, grafit dikenal sebagai material yang kuat meski memiliki dimensi yang sangat tipis. Grafit sendiri terdiri dari lapisan atom karbon. Selama ini, lapisan grafit memainkan peranan penting untuk menjaga perangkat elektronik tetap dingin. Material ini disebut memiliki konduktivitas suhu yang baik. Kemampuan itulah yang akan menetralisir panas di sekitar komponen elektronik. 

Dibalik fungsinya yang luar biasa, kendala utama yang harus dihadapi para peneliti adalah lapisan grafit ini sulit dibuat. Butuh proses bertingkat dan suhu ekstrim hingga 3200 derajat celcius untuk memproduksi lapisan ini dengan ketebalan beberapa mikrometer. 

“Metode yang digunakan untuk memproduksi lapisan grafit adalah dengan menggunakan polimer sebagai material utamanya, yang kompleks dan sangat intensif dalam prosesnya,” kata G. Deokar, pimpinan penelitian yang mengembangkan lapisan ini. 

Dilansir dari NewAtlas (12/10), Deokar dan koleganya di Universitas King Abdullah telah bekerja dengan cara yang lebih efisien. Mereka mengembangkan teknik baru dengan menggunakan kertas nikel sebagai katalis untuk mengubah gas metana panas menjadi grafit. Lapisan grafit ini akan terbentuk di atas kertas nikel tersebut dengan ukuran 100 nanometer. Sebagai pembanding, 1000 nanometer setara dengan 1 micrometer, sedangkan 1000 mikrometer setara dengan 1 milimeter. 

Tim peneliti itu menyebut lembaran tipis ini sebagai NGF (nanometer-thick graphite films). Material ini berhasil dibuat dengan mengekspos material sumbernya dengan suhu 900 derajat celcius. Lembaran ini dapat dibuat dengan ukuran 55 cm persegi. Selanjutnya, lembaran tersebut dapat diambil dan digunakan pada permukaan lainnya. 

Para peneliti tersebut mengklaim kalau lapisan tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk menjaga smartphone tetap dingin. Karena sifatnya yang memiliki daya tahan tinggi, lapisan ini juga dapat digunakan sebagai komponen panel surya yang dapat mendeteksi gas Nitrogen Dioksida, yang dikenal sebagai salah satu polutan di udara. 

Share
×
tekid
back to top