Kartu memori format CFexpress, bakal punya ukuran berbeda

CFexpress akan menampilkan ukuran Type A, Type B, dan Type C. Hal ini akan sama seperti kartu SD yang tersedia dalam miniSD, microSD, dan SD.

Kartu memori format CFexpress, bakal punya ukuran berbeda

Beberapa waktu lalu Sony untuk pertama kalinya ikut meramaikan kancah format kartu memori CFexpress. Kartu memori baru tersebut diklaim memiliki daya tahan yang tinggi agar memungkinkan digunakan dalam kondisi apapun. Dengan hadirnya Sony artinya semakin banyak pabrikan yang meramaikan pasar CFexpress.

Salah satu informasi yang baru lagi untuk format kartu memori itu adalah akan menampilkan tiga ukuran kartu yang berbeda. Dilansir dari PetaPixel (13/3), hal ini akan sama seperti kartu memori berformat SD yang tersedia dalam miniSD, microSD, dan SD. CFexpress akan menampilkan ukuran Type A, Type B, dan Type C.


BACA JUGA

Monitor buatan Benq punya fitur yang dicari para desainer

Monitor Philips bisa deteksi keberadaan pengguna

Monitor baru Acer punya layar sangat lebar


Kartu memori CFexpress Type B identik dengan kartu memori XQD yang ditujukan untuk kamera digital kelas atas. Kamera dengan slot XQD akan cocok dengan kartu CFexpress melalui pembaruan firmware nantinya. Type B memiliki 2 jalur PCIe dan kecepatan maksimum 2000 MB/s.

Sementara itu, kartu Type A memiliki ukuran lebih kecil dan fitur PCIe tunggal untuk kecepatan hingga 1000 MB/s. Kartu-kartu ini dirancang untuk kamera dan perangkat yang lebih kecil. Biasanya Type ini untuk unggul pada ukurannya yang kecil ketimbang kecepatan transfer datanya.

Kartu Type C menampilkan 4 jalur PCIe sehingga secara teori memiliki kecepatan maksimal 4000 MB/s. Kartu berukuran besar ini dirancang untuk digunakan sebagai drive penyimpanan flash di komputer dan perangkat yang lebih besar.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: