sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Jumat, 15 Des 2023 14:06 WIB

Ini wujud robot yang bisa menyamai kekuatan otot manusia

Baru-baru ini beredar video yang menunjukkan penampakan robot dengan klaim mampu menyamai kekuatan otot manusia.

Ini wujud robot yang bisa menyamai kekuatan otot manusia

Sebuah video di YouTube baru-baru ini memperlihatkan aksi robot yang mampu bertarung tinju dengan manusia tanpa mengalami kesulitan berarti. Robot tersebut bernama 'Nadia' yang dikembangkan oleh Institute for Human & Machine Cognition (IHMC) and Broadwalk Robotics. 

Melalui kanal YouTube Reuters (15/12), Nadia beraksi melawan manusia menggunakan sarung tinju yang mana robot ini sanggup mengimbangi gerakan serta kekuatannya. Pada saat sesi uji coba, Nadia dikendalikan oleh seorang peneliti yang memakai teknologi Virtual Reality (VR) dari jarak jauh dan hal tersebut berjalan dengan lancar.

Dengan penemuan ini, robot diharapkan kelak bisa menggantikan pekerjaan manusia yang beresiko, supaya faktor keselamatan kerja dapat lebih ditingkatkan. Peneliti menyebut Nadia dapat dengan mudah dikendalikan dalam indoor spaces sehingga bisa mengatasi berbagai macam rintangan seperti tangga, celah sempit hingga reruntuhan.

Robert Griffin, salah seorang peneliti IHMC menyebut Nadia bisa menjadi alternatif bagi manusia untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang sulit dan berbahaya. Ini merupakan suatu inovasi yang kemungkinan akan sangat dibutuhkan untuk masa depan terutama bila manusia mulai banyak memanfaatkan sumber daya energi seperti nuklir dan semacamnya.

"Kita sudah mulai fokus membuat robot yang bisa melakukan tugas beresiko yang saat ini kita masih bergantung pada manusia seperti menjinakkan bom, membersihkan area radiasi nuklir dan penyelamatan korban bencana alam. Artinya kita bisa mengandalkan robot untuk bergerak seperti layaknya manusia, sementara manusia akan mengontrolnya dari kejauhan dan tempat yang lebih aman," jelas Robert.

 

Share
×
tekid
back to top