sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 27 Feb 2023 13:36 WIB

Ilmuwan temukan lapisan baru di dalam inti Bumi

Penelitian ini penting karena jika memang ada, pada kenyataannya, dua lapisan inti bagian dalam, menunjukkan mereka terbentuk pada dua periode waktu yang berbeda dalam pembentukan Bumi.

Ilmuwan temukan lapisan baru di dalam inti Bumi
Source: Wikipedia

Banyak besar dari kita belajar di sekolah bahwa Bumi memiliki empat lapisan dalam struktur internalnya: kerak, mantel, inti luar, dan inti dalam dalam. Namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa inti dalam itu sendiri memiliki lapisan, dan bahwa ada lapisan kelima untuk Bumi. Inti terdalam tersebut dianggap sebagai bola logam yang solid berjarak sekitar 650 km, menurut seismologi dari Australian National University.

Dengan mempelajari gelombang seismik yang melewati Bumi saat peristiwa seperti gempa, ahli seismologi dapat belajar tentang interior planet ini. Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah memperdebatkan apakah planet ini memiliki bola yang solid di dalam inti bagian dalam, yang terdiri dari paduan besi-nikel. Dilansir dari Digital Trends (27/2), sekarang para peneliti mengatakan mereka memiliki dukungan untuk ide ini dari mempelajari sekitar 200 gempa bumi, yang masing -masing menciptakan gelombang seismik yang memantul dari inti.

Penelitian ini penting karena jika memang ada, pada kenyataannya, dua lapisan inti bagian dalam, menunjukkan mereka terbentuk pada dua periode waktu yang berbeda dalam pembentukan Bumi. “Inti dalam ini seperti kapsul waktu dari sejarah evolusi Bumi - ini adalah catatan fosil yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke peristiwa masa lalu planet kita. Peristiwa yang terjadi di Bumi ratusan juta hingga miliaran tahun yang lalu,” kata salah satu peneliti, Hrvoje Tkalčić, dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti menggunakan teknik baru untuk meningkatkan sinyal yang dicatat oleh instrumen seismologi, dan karenanya dapat melihat sinyal itu memantul dari inti tersebut beberapa kali. Dengan melihat bagaimana gelombang ini diperlambat atau dipercepat oleh materi yang mereka pindahkan, ahli seismologi dapat belajar tentang sifat material dari berbagai bagian interior planet Bumi. "Temuan ini menarik karena mereka memberikan cara baru untuk menyelidiki inti bagian dalam Bumi dan wilayah terpusatnya," kata seorang peneliti lain, Thanh-Son Phạm.

Pertanyaan yang menarik sekarang adalah bagaimana dua lapisan inti bagian dalam itu terbentuk. Para peneliti menyiratkan ada peristiwa penting dalam pengembangan planet yang menciptakan perubahan besar pada struktur inti. "Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang inti terdalam Bumi, yang dapat membuat rahasia menyatukan misteri formasi planet kita," kata Tkalčić.

Tag
Share
×
tekid
back to top