Gerakan robot berkaki empat ini mirip cheetah sesungguhnya

Menurut peneliti, ia dapat berlari di medan yang tidak rata dengan kecepatan sekitar dua kali lebih cepat dari kecepatan berjalan rata-rata orang dewasa.

Gerakan robot berkaki empat ini mirip cheetah sesungguhnya Source: MIT via Digital Trends

Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengembangkan robot “mini Cheetah” yang mampu melakukan beberapa manuver atletik. Dilansir dari Digital Trends (2/3), meskipun bobotnya jauh dari cheetah asli (hanya 9 kilogram), robot tersebut tetap terlihat mengesankan dan gesit.

Menurut peneliti, ia dapat berlari di medan yang tidak rata dengan kecepatan sekitar dua kali lebih cepat dari kecepatan berjalan rata-rata orang dewasa. Selain dapat bergerak jungkir balik, robot ini juga dapat bergeser ke samping dan ke belakang, memutar tubuhnya sambil bergerak, melompat-lompat, memutar bahu, dan bahkan berjingkrak di dedaunan seperti hewan mamalia berkaki empat secara umum.


BACA JUGA

Peneliti di Stanford ciptakan robot berkaki empat yang bisa jungkir balik

Robot bersayap empat ini terbang mirip serangga

Teknologi baru Amazon bisa mengemas 700 barang per jam


Salah satu fitur yang juga mengesankan adalah demonstrasi bahwa robot ini dapat memiliki keseimbangan yang relatif baik ketika ditendang. Meski pada akhirnya robot tersebut akan terjatuh jika ditendang dengan gerakan agak ekstrem, ia dapat berdiri sendiri dengan cukup cepat. Robot ini memiliki keterampilan yang sangat penting ketika digunakan dalam skenario dunia nyata seperti melakukan tugas inspeksi, pengawasan, atau misi penyelamatan.

Ini bukan satu-satunya robot cheetah yang dikembangkan MIT. Seperti namanya, Mini Cheetah memiliki saudara kandung yang berukuran lebih besar bernama robot MIT Cheetah 3 yang dapat melompat dan berlari melintasi medan kasar, memanjat tangga yang penuh puing-puing, melompat ke atas meja, dan memiliki keseimbangan tinggi ketika didorong.

Belum ada informasi apakah MIT berencana untuk mengkomersialkan Mini Cheetah, meskipun ada robot berkaki empat lainnya di pasar. Meski pada suatu hari mereka menjualnya secara massal, pasti harganya tidak akan murah.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: