Denso dan BlackBerry kembangkan Human Machine Interface

Denso dan BlackBerry berkolaborasi untuk mengembangkan platform HMI terintegrasi.

Denso dan BlackBerry berkolaborasi untuk mengembangkan platform HMI (Human Machine Interface). Intel juga ikut berkolaborasi dalam mengembangkan produk ini.

Platform HMI merupakan sistem yang mengoptimalkan tampilan dan suara dalam kokpit mobil. Ia akan berharga terjangkau. Rencananya, HMI ini akan muncul dalam beberapa tipe mobil dan mulai meluncur pada 2019 mendatang.

HMI yang terintegrasi dengan mobil ini diklaim sebagai platform pertama yang dikembangkan oleh Denso dan BlackBerry. Ada teknologi QNX Hypervisor buatan BlackBerry di dalamnya. Fungsinya untuk virtualisasi dengan bantuan prosesor Intel Atom A3900.

"Bersama Denso dan Intel, kami akan menyediakan kokpit virtual yang sangat fungsional di cluster instrumen digital, head unit, sampai ke layar multimedia. Tentu platform ini akan memberikan pengalaman digital baru dalam mobil. Ini akan jadi standar baru bagi industri otomotif,” kata John Wall, SVP dan GM dari BlackBerry QNX.

Bukan hanya itu, platform ini juga memungkinkan berbagai produk HMI  bisa ikut bekerjasama untuk menghadirkan informasi sesuai pada waktunya. Misalnya, untuk mengkomunikasikan pemberitahuan atau peringatan melalui ekspresi yang mudah dimengerti pada layar. Bahkan, terdapat pula instrumen cluster dan navigation center display, yang bisa menampilkan animasi di layar navigasi dan layar meter.

"Denso telah mengembangkan berbagai produk HMI, seperti instrumen cluster, sistem navigasi mobil, dan display head-up yang berkontribusi terhadap keamanan dan kenyamanan mobil. Dengan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan yang diperoleh melalui pengembangan produk ini, kami telah mengembangkan teknologi manajemen informasi HMI yang akan mendukung evolusi mobil bersama dengan Blackberry QNX dan Intel,” kata Yukihiro Kato, direktur eksekutif senior, Grup Bisnis Sistem Informasi & Keamanan Denso.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: