sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 08 Jul 2024 17:09 WIB

Inovasi CATL tawarkan baterai EV tahan lama dan pengisian ultra cepat

Produsen baterai mobil listrik (EV) terkemuka CATL telah merilis baterai baru dengan siklus yang sangat panjang dan mendukung pengisian daya ultra-cepat.

Inovasi CATL tawarkan baterai EV tahan lama dan pengisian ultra cepat

Produsen baterai mobil listrik (EV) terkemuka CATL telah merilis baterai baru dengan siklus yang sangat panjang dan mendukung pengisian daya ultra-cepat. Baterai komersial logistik CATL Tianxing diumumkan bersama dua produk lainnya – versi supercharging dan versi daya tahan lama.

Dilansir dari Gizmochina (8/7), baterai CATL Tianxing dirancang untuk kendaraan komersial serta mitra hulu dan hilir. Versi Tianxing L-Supercharger memiliki kemampuan supercharging 4C dan garansi 8 tahun 800.000 km yang mengesankan. Ini mendukung pengisian daya ultra cepat yang mampu mengisi daya dari 0 hingga 60% dalam 12 menit.

Baterai itu juga memiliki kapasitas besar 140 derajat dan mencapai jangkauan jelajah 350 km. Masa pakai baterai yang lama sebagian disebabkan oleh laju penurunannya yang lambat dan dapat bertahan selama masa pakai kendaraan.

Baterai jarak jauh CATL Tianxing L diklaim memiliki jangkauan jelajah 500 km saat bergerak dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Kapasitas baterainya adalah 200 kWh sedangkan kepadatan energinya 200 Wh/kg. Baterai jarak jauh Tianxing L diklaim memiliki kepadatan energi tertinggi di antara baterai kendaraan komersial ringan. Ini dapat membantu mengurangi bobot kendaraan hingga 300 kg yang cukup signifikan.

Jika dibandingkan dengan kendaraan energi baru (NEV) tradisional, baterainya diperkirakan dapat menghemat biaya pengisian daya sebesar 24.000 yuan (Rp54 juta) per tahun. Di sisi lain, jika dibandingkan dengan kendaraan pembakaran internal, kendaraan ini dapat menghemat biaya bahan bakar hingga 100.000 yuan (Rp224 juta) dalam setahun. Baterai jarak jauh CATL Tianxing L juga memiliki garansi 8 tahun atau 800.000 km.

Gambaran dari debut baterai komersial CATL Tianxing dan implikasi harganya belum ditentukan. Namun baterai baru tersebut diperkirakan akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan baterai saat ini.

Share
×
tekid
back to top