sun
moon
Premium Partner :
Senin, 20 Jan 2020 11:59 WIB

AI kini bisa hasilkan aransemen musik sendiri

Siapa menyangka kalau AI dapat digunakan untuk menghasilkan musik? Bjork dan Microsoft berhasil membuktikannya.

AI kini bisa hasilkan aransemen musik sendiri
Source: Microsoft

Selama ini, kemampuan artificial intelligence terbukti bermanfaat di beberapa sektor, mulai dari otomasi hingga membantu dokter mendiagnosis penyakit pasien. Namun siapa yang sangka, ternyata AI dapat juga digunakan untuk membuat sebuah aransemen musik. 

Bjork, seorang musisi asal Islandia bekerja sama dengan Microsoft untuk menciptakan sebuah aransemen paduan suara dengan mengandalkan AI. Menurut Microsoft. AI itu akan mengandalkan kamera yang ditempatkan di puncak sebuah hotel di New York. Nantinya, aransemen musik ini akan berbeda, bergantung pada cuaca yang ditangkap kamera tersebut. 

“[AI] ini akan mencari dan mengerti objek berskala luas dengan akurasi yang lebih baik, dengan detail yang cukup tinggi. Jadi, AI ini tidak hanya menemukan awan, apakah itu cumulus atau nimbus. Dan AI ini tidak hanya mempelajari burung saja, melainkan juga membedakan seluruh kawanan burung.” ungkap Microsoft sebagaimana dilansir dari Ubergizmo (20/1). 

Sebagaimana sudah disebutkan, berdasarkan apa yang dideteksi oleh kamera tersebut, AI akan mengadaptasi musik yang dibuat oleh seorang musisi. Bahkan AI ini cukup pintar untuk mengubah aransemen sesuai dengan musim. 

Ini dipandang sebagai sebuah cara menggunakan AI yang baru. Kendati begitu, kabarnya masih banyak tahapan yang harus dilalui oleh AI ini untuk melihat bagaimana teknologi ini dapat digunakan dan disesuaikan di daerah dan negara lain. 

Untuk kamu yang penasaran, seperti apa aransemen musik yang dihasilkan oleh AI tersebut, kamu bisa melihatnya di video di bawah ini!

Share
back to top