AI bisa prediksi wajah hanya berdasar dari suara

Ilmuwan MIT dilaporkan berhasil kembangkan AI yang mampu memprediksi wajah seseorang hanya dari suaranya saja.

AI bisa prediksi wajah hanya berdasar dari suara Source: Ubergizmo

Apa jadinya kalau penggunaan AI semakin meluas hingga ke banyak sektor kehidupan? Sejauh ini, aplikasi AI mulai meluas, dari sekadar meningkatkan hasil foto hingga membantu kebutuhan medis dengan membuat diagnosa yang akurat. Kabarnya sebuah AI baru sudah berhasil dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan MIT.

Dilansir dari Ubergizmo (10/6), sejumlah ilmuwan MIT dilaporkan berhasil mengembangkan algoritma yang mampu memprediksi wajah seseorang hanya berdasarkan suaranya saja. Tak hanya itu, AI buatan para ilmuwan tersebut juga mampu memberikan perkiraan gambar wajah seseorang tersebut.


BACA JUGA

AI dari Adobe bisa deteksi foto yang disunting

Hollywood pakai AI sebelum produksi film

Sarung tangan dari MIT bantu AI identifikasi objek via sentuhan


Dalam sebuah makalah berjudul Speech2Face: Learning the Face behind a Voice, para ilmuwan MIT menjabarkan gagasan mereka mengenai kemampuan AI tersebut. Mudahnya, hanya dengan mendengar suara seseorang, AI  mampu memberikan prediksi dan gambar portrait orang yang bersangkutan.

Untuk melakukan itu, AI dilatih dengan cara mempelajari sekitar 100.000 klip video dari YouTube. Video-video tersebut menampilkan beberapa YouTuber berbeda. Hal ini bertujuan agar AI dapat belajar untuk mengaitkan suara-suara dengan penampilan tertentu.

Kendati hasil prediksi itu tidak selalu tepat 100 persen, namun tingkat akurasinya dikabarkan cukup tinggi. Potensinya cukup besar. AI ini dapat digunakan untuk memprediksi penampilan seseorang hanya berdasarkan suara disambungan telepon saja.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: