AI bisa menghidupkan subjek manusia pada foto

Pengonversian subjek dari 2D ke 3D memiliki detil yang diekstrasi dari foto serta ruang yang dapat diprediksi untuk menginformasikan bagaimana ia bergerak.

AI bisa menghidupkan subjek manusia pada foto

Sekelompok peneliti berhasil menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat menggerakkan subjek manusia dari foto. Cara ini memungkinkannya berjalan, berlari, duduk atau melompat keluar dari foto secara 3D.

Makalah berjudul “Photo Wake-Up: 3D Character Animation from a Single Photo” menggambarkan kemajuan teknologi yang dibuat oleh para ilmuwan komputer di University of Washington dan Facebook.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Nvidia, GM, dan Toyota berkolaborasi demi mobil otonom

Sistem AI dari MIT-IBM bisa kenali konten video lebih cepat

Sistem AI dari MIT-IBM bisa kenali konten video lebih cepat


Setelah menganalisa foto untuk mendeteksi subjek manusia di dalamnya, AI mengubah siluet orang tersebut menjadi jaring yang dapat bergerak setelah mengidentifikasi dan memberi label pada berbagai bagian tubuh. Pengonversian subjek dari 2D ke 3D memiliki detail yang diekstrasi dari foto serta ruang yang dapat diprediksi untuk mengkalkulasi bagaimana ia bergerak.

Dilansir dari PetaPixel (17/06), AI juga mengisi lubang yang tertinggal dari proses ekstrasi orang di foto asli (seperti yang dilakukan Photoshop dengan Content-Aware Fill), memungkinkan subjek orang yang keluar dari foto tidak meninggalkan area kosong di belakangnya.

“Tantangan besar di sini adalah input dari posisi kamera tunggal, karena sebagian bagian dari subjek orang tersebut tidak terlihat. Pekerjaan kami menggabungkan kemajuan teknis pada masalah terbuka di lapangan dengan visualisasi kreatif artistic,” kata professor UW, Ira Kemelmacher-Shlizerman.

Sebagai informasi, sistem ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi oleh karena itulah hasilnya terlihat seperti model karakter berkualitas rendah dari video gim jadul. Tetapi para peneliti mencatat bahwa ini hanyalah langkah besar pertama, teknologinya akan menjadi semakin baik seiring berjalannya waktu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: