sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 28 Feb 2023 19:17 WIB

Warner Bros Discovery gugat Paramount atas lisensi South Park

Warner Bros Discovery menggugat Paramount atas dugaan mencuri konten South Park yang diklaimnya harus memiliki hak streaming eksklusif.

Warner Bros Discovery gugat Paramount atas lisensi South Park

Warner Bros Discovery baru saja melayangkan gugatan kepada Paramount. Gugatan ini muncul karena dugaan Paramount mencuri konten serial animasi South Park yang diklaimnya harus memiliki hak streaming eksklusif.

Dilansir dari Variety (28/2), perusahaan induk HBO Max itu mengklaim bahwa Paramount telah mengalihkan sebanyak mungkin episode South Park ke Paramount+. Padahal, hampir semua episode South Park ditayangkan pertama kali ditayangkan di Comedy Central milik Paramount.

Pada tahun 2019, Warner Bros Discovery mengatakan bahwa mereka telah membayar sekitar USD 1,6 juta untuk masing-masing dari sekitar 300 episode lebih yang South Park Digital Studio (SPDS) sepakat untuk melisensikannya.

Kendati demikian, SPDS sendiri memang merupakan bentuk usaha patungan yang dijalankan oleh Paramount dengan pendiri South Park Trey Parker dan Matt Stone. Namun, Warner Bros. Discovery mengklaim bahwa Paramount memaksa SPDS untuk melanggar kontrak tersebut.

Kesepakatan itu seharusnya membawa seluruh episode dari setiap musim yang sudah eksis maupun baru, ke dalam Warner Bros Discovery. Termasuk, untuk 30 episode baru yang akan datang untuk musim 24, 25, dan 26 ke HBO Max hingga Juni 2025.

Namun, SPDS diklaim gagal memenuhi janjinya untuk menyediakan 10 episode baru untuk setiap musim dan membebankan biaya tambahan kepada perusahaan untuk edisi Pandemic Special yang berdurasi 50 menit.

Gugatan itu juga mempermasalahkan kesepakatan besar-besaran senilai USD 900 juta yang dibuat Paramount dengan pencipta South Park pada Agustus 2021. Kesepakatan ini termasuk 14 episode South Park yang dibuat untuk streaming dan akan tayang di Paramount+.

Tanggapan Paramount soal gugatan pelanggaran kontrak

Paramount angkat bicara soal gugatan yang dilayangkan oleh Warner Bros Discovery. Sebagai tanggapan, Paramount membantah tuduhan tersebut. 

“Kami percaya bahwa klaim ini tidak mendasar dan dapat diselesaikan melalui proses hukum,” kata jurus bicara Paramount Global. 

“Kami juga mencatat bahwa Paramount terus mematuhi kontrak dengan mengirimkan episode South Park baru ke HBO Max, terlepas dari kenyataan bahwa Warner Bros Discovery telah gagal dan menolak untuk membayar lisensi yang terutang kepada Paramount untuk episode yang telah dikirimkan,” tutupnya.

Share
×
tekid
back to top