sun
moon
Premium Partner :
Jumat, 06 Mar 2020 09:30 WIB

Review Onward, konflik keluarga yang sangat kental

Ian dan Barley Lightfoot melakukan perjalanan yang penuh rasa sayang dan haru kakak beradik dalam misi mengembalikan wujud Ayahnya untuk bertemu.

Review Onward, konflik keluarga yang sangat kental
Source: FullCircleCinemas

Film animasi Onward kini sudah bisa dinikmati para pecinta film Pixar di bioskop Indonesia. Film yang mengisahkan perjalanan kakak beradik untuk mengembalikan ayahnya ini terinspirasi dari pengalaman sang penulis sekaligus sutradara Don Scalon yang ditinggal Ayahnya ketika masih muda.

Onward berlatar pada dunia fantasi modern di mana sangat mengandalkan sihir dan mantra. Namun seiring berjalannya waktu, lahirlah teknologi yang semakin canggih. Dunia mereka mulai meninggalkan segala bentuk sihir dan hidup modern menggunakan teknologi yang ada. Latar belakang ini memberikan pendekatan yang baik kepada penonton karena sama halnya dengan dunia yang sedang kita tinggali ini.

Ian Lightfoot, tokoh utama dalam film ini merupakan karakter yang pemalu, kebalikan dengan kakaknya, Barley Lightfoot yang begitu ekspresif dan pembuat onar. Cerita dimulai setelah Laura (Ibu Ian dan Barley) memberikan hadiah berupa tongkat sihir peninggalan sang Ayah saat masih hidup dan telah lama Laura simpan. Tongkat sihir tersebut diperuntukkan untuk mengembalikan wujud Ayahnya yang sudah meninggal. Singkat cerita, Ian hampir berhasil mengembalikan Ayahnya, karena sihirnya terhenti sebelum wujudnya sempurna. Alhasil, Ayahnya hanya berwujud dari pinggang ke kaki.

Wujud Ayah Ian dan Barley

Konflik keluarga yang sangat kental

Tidak ingin Ayahnya berwujud kaki saja, Barley pun menyarankan untuk mencari permata Phoenix agar bisa melanjutkan mantranya. Meskipun tahu akan bahayanya melakukkan perjalanan ini, Ian dan Barley tidak peduli. Selama perjalanan mencari permata Phoenix, banyak adegan-adegan yang menggambarkan kegigihan anak yang ingin sekali bertemu dengan Ayahnya.

Dari Ian yang mulanya takut menyetir, menjadi sangat berani mengendarai mobil Barley karena kondisi mendesak yang mau tidak mau Ian harus melawan rasa takutnya itu.

Ian saat mengendarai mobil

Menurut Saya, Scalon berhasil memasukkan konflik persaudaraan yang kerap terjadi pada umumnya. Walaupun konflik dilakukan secara berulang, Saya selalu merasa tersentuh setiap kedua tokoh ini diihadapkan masalah dan bagaimana mereka menyelesaikannya. Seperti ketika Barley merelakan mobil kesayangannya Guineverree untuk menghadang polisi yang telah membuat Ian merasa sangat putus asa.

Pada dasarnya, film Don Scalon selalu berdasar pada sifat dasar manusiawi. Seperti keambisiusan , persaingan, serta persahabatan antara Mike dan Sulley. Sementara Onward, menyajikan perasaan rindu kepada sosok Ayah dan betapa berharganya keluarga.

Scalon menggunakan logika untuk membuat lakon komedinya. Dengan latar dunia fantasi modern yang menggabungkan dunia fantasi dan dunia modern, sudah cukup membuat visual film ini lucu. Seperti opsir polisi yang memiliki kaki kuda lebih memilih naik mobil daripada menggunakan keempat kakinya.

Tokoh Colt Bronco

Pesan untuk selalu menghargai seseorang yang menyayangi kita

Barley menjadi kunci penting dalam film ini. Sosoknya yang jenaka, hyper-aktif dan kadang membuat masalah ini justru menjadi sumber setiap keharuan. Namun, rasa haru ini akan klimaks saat adegan di mana Ian merelakan kesempatan bertemu Ayahnya kepada kakaknya karena ia menyadari kalau selama ini Barley lah yang telah menjadi sosok Ayah bagi Ian. Barley pun memberikan pelukan kepada Ian sebagai titipan dari Ayahnya.

Seperti film Pixar lainnya, momen ini menyiratkan pesan moral yang sangat dalam. Pesan di mana setiap anggota keluarga harus saling menjaga, menghargai, dan bagaimanapun tingkah seorang kakak, rasa sayang pada keluarga tidak akan pernah hilang.

Share
back to top