Raisa-Hamish menikah, kita yang berisik

Presiden Joko Widodo turut mengomentari pernikahan Raisa-Hamish. Ada apa?

 

Rasanya, belum pernah ada peristiwa penting sesudah serangan teroris di Jl MH Thamrin (14/1/2016), yang memicu reaksi berantai hingga menghasilkan meme, GIF, kartun, plesetan, banyolan, sekaligus perdebatan serius. Sampai akhirnya, hal itu terjadi lagi ketika Raisa Andriana dan Hamish Daud menikah pada 3 September lalu.

Lepas dari substansinya yang sama sekali tak terkait, dan bahkan bertolak belakang, kedua peristiwa ini menghasilkan hal yang mirip. Termasuk hadirnya komentar Presiden Joko Widodo.

Saya cukup kuat menahan diri untuk tak berkomentar apa pun terkait Raisa-Hamish. Maksudnya, enggak berkomentar di media sosial, cukup di obrolan warung kopi saja.

Tapi, berhubung orang nomor satu di Republik ini ikut berkomentar, bisa jadi masalahnya memang serius. Seperti kata orang-orang, ada #PatahHatiNasional. Ini gawat. Masa depan bangsa ini ada di tangan anak-anak muda. Jadi, wajar saja Presiden turun tangan agar jutaan pemuda dan pemudi harapan bangsa itu segera move on dari patah hati. :)

Saya tak perlu cerita lagi, Anda pasti sudah lebih tahu tentang meme, GIF, kartun dan banyolan ihwal pernihakah Raisa-Hamish. Maksud saya, terutama sesudah keduanya melewati malam pertama. Itu kocak parah sih. Tapi, berhubung ada warganet yang terlalu semangat 45 bercanda, sampai-sampai feminis pejuang hak-hak perempuan merasa tersinggung. 

Pada tanggal 3 September itu, warganet memang sangat berisik. Media massa juga sama saja. Berdasarkan data yang kami himpun, setidaknya terdapat 341 berita pernihakah Raisa-Hamish di media daring. Kelompok Tribun (gabungan dari Tribun Medan, Tribun Sumsel, Tribun Kaltim, Tribun Lampung dan Tribun Malang) berada di posisi teratas, disusul Liputan 6 dan Okezone.

 

 

Kalaupun waktu pengukurannya kita ubah menjadi seminggu sebelum hingga seminggu sesudah Raisa-Hamish menikah, komposisi media paling berisik ini tak banyak berubah. Juaranya tetap grup Tribun, disusul Liputan 6, detik hot, dan Okezone. Jumlah beritanya membengkak jadi 776 artikel.

Lalu, siapa sih yang paling banyak disebut-sebut media dalam periode 27 Agustus-11 September ini?

Posisi teratas tentu saja dihuni kedua mempelai. Selanjutnya adalah Luna Maya, yang pernyataannya dikutip 80 kali. Dan, nah ini dia, Pak Jokowi yang baru berkomentar hari ini sudah dikutip 60 media. Nun jauh di sana, di tempat yang agak pojokan, ada Keenan Pearce.

Untuk yang belum baca berita, Presiden Jokowi hari ini menyampaikan "Satu dua hari lalu saya banyak dikomplain masyarakat mengenai Raisa. Mereka bilang, satu lagi aset Indonesia lepas ke tangan asing. Setelah saya telusuri memang ternyata suaminya orang Australia."

"Belum saya jawab sudah muncul lagi. Mereka bilang Laudya Cinthya Bella nikah dengan orang Malaysia."

Cerdik. Selain kerja kerja kerja, Pak Jokowi rupanya doyan bercanda juga. Dia hadir di tiap musibah, termasuk musibah #patahHatiNasional. Hehehe.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: