Penjualan coklat secara online meroket di hari valentine

Momentum ini membuat pedagang online menangguk untung hingga 500 persen.

Hari kasih sayang atau yang umumnya dikenal masyarakat sebagai hari Valentine sangat identik dengan bunga dan cokelat. Hal ini pun berimbas pada meningkatnya permintaan kedua barang tersebut di hari valentine. Bagi penjual, momentum ini dapat menjadi peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.

 

Garri Juanda, Co-Head of Marketplace Tokopedia menjelaskan, " Peningkatan penjualan cokelat dan bunga tahun lalu menjadi cerminan ketertarikan orang Indonesia terhadap belanja online. Ini membuka peluang usaha yang semakin besar bagi para seller Tokopedia," ujarnya.


BACA JUGA

Panjat pinang di Blanjacom yuk, untuk dapat diskon besar

Sekarang bisa bayar pajak di Tokopedia

Tokopedia raup penjualan Rp18,5 triliun selama ramadan


Menghadapi permintaan cokelat dan bunga yang biasanya naik drastis di bulan Februari, akan lebih baik jika para penjual coklat dan bunga lebih maksimal mempersiapkan diri. Persiapan yang bisa dilakukan baik dari segi stok maupun variasi produk yang ditawarkan ke pelanggan.

"Momentum ini tidak hanya jadi peluang untuk seller yang sudah berjualan online. Siapapun yang memiliki ide bisnis, entah merangkai bunga atau jago berkreasi dengan cokelat, ini bisa jadi awal untuk berani memulai usaha," ujar Garri.

Salah satu merchant cokelat di Tokopedia, Kakaoku Cokelat mengaku mengalami peningkatan penjualan cokelat yang signifikan jelang valentine. Peningkatan itu bahkan bisa mencapai peningkatan sebesar 500% dibanding biasanya.

Diakui Shita (40), Pendiri dari Kakaoku Cokelat, pembuatan cokelat tidak terlalu lama, yakni hanya membutuhkan waktu 45 menit per produknya. Namun hal ini akan menjadi berbeda jika permintaannya banyak.

“Yang membutuhkan waktu lebih lama justru di pengemasan. Jadi per Januari lalu, kami sudah mulai membuat box untuk produk best seller. Karena setiap tahun, best seller-nya pasti nggak jauh bergeser,” ujar Shita

Beberapa produk cokelat yang paling diminati dari Kakaoku Cokelat ini antara lain buket bunga cokelat, cokelat foto frame, dan praline text.

Berbagai persiapan sudah dilakukan Shita untuk valentine ini. "Ini peluang usaha yang bisa dimaksimalkan. Saran saya, para seller perlu lebih mempersiapkan diri menghadapi 14 Februari nanti, apalagi yang memang fokus di produk cokelat dan bunga," tutup Shita.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: